Arema Mengomentari Kondisi Terkini Persela

Oleh Iwan Setiawan pada 18 Jan 2018, 16:15 WIB
Diperbarui 18 Jan 2018, 16:15 WIB
Persela Lamongan
Apa kata pelatih Arema, Aji Santoso, perihal kondisi terkini Persela yang dilatih Aji Santoso? (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Malang - Selain mempersiapkan tim, Arema FC juga melakukan observasi untuk lawan pertama mereka di Grup E Piala Presiden 2018, Persela Lamongan. Pertandingan yang akan dihelat di Stadion Gajayana, Malang, Sabtu (20/1/2018), dipandang sebagai laga menarik oleh pelatih Arema, Joko 'Getuk' Susilo.

Hal ini tak lain karena faktor kedekatan Getuk dengan pelatih Persela, Aji Santoso. Keduanya sudah sama-sama tahu karakter kepelatihan masing-masing sehingga perang strategi akan terjadi.

"Persela tidak bisa dipandang enteng karena Coach Aji sudah pasti tahu seperti apa Arema. Perlu diingat, dia adalah pelatih yang membawa Arema juara di Piala Presiden 2017. Pertandingan ini akan menarik karena kami harus perang strategi," kata Getuk.

Dari sisi materi pemain, Persela cukup banyak melakukan perubahan tim. Yang paling menonjol, materi pemain mereka kali ini banyak mengandalkan pemain muda sehingga motivasi dan tenaga jadi kunci utama Persela.

"Jadi, kami harus sangat siap untuk melawan Persela dan pertandingan pertama biasanya tidak mudah. Semoga pemain bisa tampil lepas di hadapan Aremania karena mereka sudah mulai membiasakan diri saat uji coba di Gajayana," lanjut pelatih 47 tahun ini.

Dari segi komposisi pemain, sebenarnya kedua tim sama-sama melakukan perombakan untuk tahun ini. Tetapi, Arema masih tetap diunggulkan karena di sana bercokol pemain seperti Arthur Cunha, Purwaka Yudi, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, Ahmad Alfarizi, dan yang lain.

Hanya, ada satu hal yang masih membuat Arema menduga-duga dengan kekuatan Persela, yaitu sektor pemain asing. Pasalnya, Persela membawa lima asing untuk Piala Presiden 2018. Mereka adalah Gaston Castano, Fathullo Fathulaev, Jefferson Lopez, Wallace Alves, dan Alessandro Celin.

Dari kelima pemain itu, baru Gaston yang memiliki pengalaman bermain di kancah sepak bola Indonesia sedangkan empat pemain lainnya masih fresh. Itulah mengapa tim pelatih Arema tidak bisa menganalisis kekuatan Persela dari sektor pemain asing.

"Yang jelas kami juga harus tetap hati-hati. Saat di Suramadu Cup kemarin, mereka ada di posisi kedua. Kami akan siapkan antisipasinya. Dilihat saja dalam pertandingan nanti seperti apa. Yang jelas akan sangat menarik," tegas Getuk.