Sukses


Poin Stagnan, Timnas Indonesia Naik 2 Posisi di Ranking FIFA

Bola.com, Jakarta - Indonesia mengalami peningkatan peringkat dalam ranking FIFA terbaru yang dirilis pada 18 Januari 2018. Indonesia naik dua peringkat ke posisi 160 tanpa peningkatan poin. Merosot tajamnya dua negara Concacaf menjadi faktor utama naiknya peringkat Indonesia.

Dalam rilis peringkat FIFA terbaru, Indonesia kini berada di posisi ke-160 dengan poin 121 poin. Jumlah tersebut sama dengan Suriname, negara di konfederasi CONCACAF, yang mengalami kemerosotan tajam dalam peringkat FIFA.

Kemerosotan Suriname yang turun 32 peringkat memang salah satu faktor mengapa Indonesia bisa naik dua peringkat. Alasannya karena sejak Desember 2017 hingga Januari 2019, Timnas Indonesia tidak memainkan pertandingan dengan standar A-match FIFA.

Pertandingan internasional yang terakhir dihitung oleh FIFA sebagai A-match adalah pertandingan persahabatan kontra Guyana yang digelar pada November 2017. Tidak dihitungnya kekalahan 1-4 yang dialami Tim Merah-Putih saat menghadapi Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu (14/1/2018), membuat Indonesia tetap dengan total 121 poin.

Selain Suriname yang turun 32 peringkat ke posisi tepat di bawah Indonesia dengan jumlah poin yang sama, merosotnya sebuah negara di zona CONCACAF lainnya, Belize, juga menjadi penyebab Indonesia bisa naik dua peringkat. Awalnya Belize berada di peringkat ke-158. Namun, merosot 13 poin membuat mereka kini berada di posisi 171.

Untuk posisi atas dalam peringkat FIFA, Jerman masih kukuh berada di puncak dan dibayangi oleh Brasil dan Portugal di posisi kedua dan ketiga. Sementara negara terbaik di Konfederasi AFC ditempati oleh Iran yang berada di posisi ke-34.

Untuk sub-konfederasi AFF, Vietnam masih menjadi negara terbaik dalam peringakt FIFA dengan berada di peringkat ke-112. Sementara itu Filipina menjadi negara AFF terbaik kedua dengan menempati peringkat 123, atau naik satu peringkat. Thailand berada di posisi ketiga negara-negara Asia Tenggara dengan menduduki peringkat ke-129.

Video Populer

Foto Populer