Sukses


4 Pemain di Timnas U-23, Arema Siapkan Strategi

Bola.com, Malang - Memiliki banyak pemain Timnas Indonesiadi satu sisi jadi kerugian tersendiri bagi klub. Arema FC misalnya. Mereka tidak bisa memainkan empat pemain dalam pertandingan pertama Grup E Piala Presiden melawan Persela Lamongan pada Sabtu (20/1/2018).

Empat pemain Arema yang berada di Timnas U-23 adalah Kurniawan Kartika Ajie, Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi dan Ahmad Nur Hardianto. Keempat pemain itu masih menjalani pemusatan latihan bersama timnas untuk persiapan Asian Games di Jakarta.

“Saya sudah komunikasi dengan mereka. Tanggal 21 baru bisa kembali ke klub. Jadi pertandingan pertama sudah pasti tanpa mereka,” kata pelatih Arema, Joko ‘Getuk’ Susilo.

Padahal beberapa pemain itu sudah disiapkan sebagai pemain utama karena mereka ikut persiapan dalam dua kali uji coba melawan PSIS Semarang. “Mau bagiamana lagi. Timnas sedang membutuhkan dan kami harus terbiasa bermain tanpa mereka,” lanjut Getuk.

Namun mereka berpeluang untuk bermain di pertandingan kedua dan ketiga. Karena Hanif dkk diharapkan segera kembali ke Malang begitu pemusatan latihan timnas selesai. “Mereka di timnas juga latihan. Jadi kondisinya tetap terjaga. Tapi akan kami lihat lagi dalam sesi latihan nantinya,” jelas dia.

Arema sudah mengantisipasi absennya empat pemain itu dengan menyiapkan pemain lain. Di posisi kiper sudah ada empat pemain yang siap tampil, yakni Joko Ribowo, Utam Rusdiana, Reky Rahayu, dan Tedi Heri. Sedangkan Bagas akan digantikan oleh Arthur Cunha, Purwaka Yudi, dan M. Zaenuri.

Di sektor gelandang bertahan, tidak adanya Hanif masih bisa ditutupi Hendro Siswanto atau Juan Revi. Sementara Nur Hardianto sudah ada Thiago Furtuoso yang akan jadi targetman.

Dalam pemusatan latihan timnas kali ini, Arema merupakan penyuplai pemain terbanyak. Awalnya hanya Bagas dan Hanif yang dipanggil untuk uji coba melawan timnas Islandia di Jakarta pada 14 Januari lalu. Tapi Kartika Ajie dan Nur Hardianto ikut dipanggil untuk pemusatan latihan setelah uji coba tersebut.

“Kami sudah mengetahui kalau para pemain itu memang masuk dalam rencana timnas. Bahkan Nur Hardianto yang sempat cedera lama juga merupakan pemain yang sesuai dengan kebutuhan Luis Milla (pelatih timnas). Itu sudah kami pikirkan jauh-jauh hari sehingga semua bisa terkenali,” jawabnya.

Video Populer

Foto Populer