OK John Merapat ke Madura United dengan Status WNI?

Oleh Aditya Wany pada 22 Jan 2018, 19:15 WIB
Diperbarui 22 Jan 2018, 19:15 WIB
OK John
OK John, saat menjalani sesi latihan bersama Madura United. (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Surabaya - Kedatangan Onorionde Kughegbe John ke Madura United memang semakin menambah kekuatan lini belakang. Namun, pemain yang akrab disapa OK John itu juga bakal menambah jumlah pemain berstatus naturalisasi di tim berjulukan Laskar Sapeh Kerrab tersebut.

Secara terbuka, pemain berpaspor Nigeria itu menyatakan ingin menjadi warga negara Indonesia. Akan tetapi, belum ada kepastian kapan dia resmi menyandang status WNI.

Yang jelas, berkas pengajuan itu telah diurusnya. “Saya masih tunggu panggilan sidang,” kata bek 34 tahun itu.

OK John pun memiliki alasan yang cukup kuat mengenai keputusannya ini. Dia sudah merumput di Indonesia pada 2005 hingga 2016. Artinya, sudah 11 tahun berada di Indonesia.

Selain itu, dia juga telah menikah dengan perempuan WNI asal Manado, Rita Agnes Veronica. Buah pernikahan mereka dikarunia tiga anak yang semuanya juga berstatus warga negera Indonesia.

“Saya di Indonesia sudah lama dan saya punya keluarga di Indonesia. Istri dan anak-anak saya orang Indonesia. Saya rasa ingin tinggal di Indonesia bersama mereka,” imbuh OK John.

Dengan keputusannya itu, maka bakal ada empat pemain Madura United yang memiliki status naturalisasi. Sebelumnya, Laskar Sape Kerrab telah memiliki tiga pemain naturalisasi. Di antaranya adalah Greg Nwokolo (Nigeria), Raphael Maitimo (Belanda), dan Cristian Gonzales (Uruguay).