3 Pemain Paling Mengilap di Pekan Kedua Piala Presiden 2018

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 26 Jan 2018, 08:00 WIB
Piala Presiden 2018

Bola.com, Jakarta - Pekan kedua babak grup Piala Presiden 2018 sudah rampung dengan ditutup kemenangan 3-1 yang diraih Arema FC atas PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (25/1/2018). Sejumlah pemain dari 20 tim memperlihatkan kecemerlangan di pekan kedua Piala Presiden 2018 ini.

Dari 10 pertandingan di pekan kedua Piala Presiden 2018, hanya satu laga yang berakhir imbang, yaitu laga antara Persela Lamongan kontra Bhayangkara FC yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Sementara itu, sembilan laga lainnya berakhir dengan hasil beragam yang membuat lima tim kian mendekati lolos ke perempat final dengan enam poin yang sudah diraih. Kelima klub itu adalah PSMS Medan di Grup A, Mitra Kukar di Grup B, Madura United di Grup C, dan Persija Jakarta serta Bali United di Grup D.

Sebanyak 31 gol tercipta sepanjang pekan kedua Piala Presiden 2018, di mana sejumlah pemain memperlihatkan kualitasnya, baik sebagai mesin gol tim atau pun sebagai sosok yang paling berkontribusi memberikan kemenangan bagi tim yang dibelanya. Jumlah tersebut tentu menjadi sebuah peningkatan setelah di pekan perdana ada 28 gol tercipta.

Statistik tersebut memperlihatkan bagaimana tim-tim yang berkompetisi di Piala Presiden 2018 semakin produktif saat bertanding. Selain itu tidak ada satu pertandingan pun yang berakhir tanpa gol selama pekan kedua turnamen pramusim itu berlangsung dari 21 hingga 25 Januari 2018.

Proses setiap pertandingan yang selalu dihiasi oleh gol tersebut tak luput dari permainan menawan para pemain yang diturunkan oleh pelatihnya masing-masing. Dalam kesempatan ini, Bola.com memilih tiga pemain dengan performa cemerlang sepanjang pekan kedua Piala Presiden 2018.

2 of 4

Marko Simic (Persija Jakarta)

Marko Simic, Persija Jakarta
Marko Simic kembali mencetak gol untuk Persija Jakarta dalam pertandingan kontra Borneo FC di Grup D Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (24/1/2018). (Dok. Persija Jakarta)

1. Marko Simic (Persija Jakarta)

Striker anyar Persija asal Kroasia ini membuktikan dirinya memang layak menjadi mesin gol tim ibu kota. Pemain yang baru genap berusia 30 tahun pada 23 Januari 2018 itu mampu memperlihatkan perfoma yang semakin mengilap seiring waktu berjalan.

Marko Simic sejauh ini sudah mencetak tiga gol di Piala Presiden 2018, di mana dua gol diciptakannya ke gawang Borneo FC di pekan kedua Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (24/1/2018). Salah satu gol yang dicetak ke gawang Borneo FC itu pun layak menjadi gol terbaik di Piala Presiden dengan tembakan keras dari jarak jauh.

Bertubuh tinggi besar, Marko Simic memang membuat pemain bertahan lawan kesulitan untuk mengantisipasi pergerakannya. Jangankan untuk menghentikannya, melakukan body charge terhadap mantan striker Melaka United itu, justru pemain lawan yang akhirnya goyah.

Dalam pertandingan kontra Borneo FC itu, Simic pula yang membuat Persija mendapatkan hadiah penalti di babak pertama. Bermaksud mengecoh Ricardo Salampessy, bola yang diangkatnya dari permukaan rumput itu justru membuat Ricardo tertangkap kamera melakukan handball. Simic menjadi eksekutor dengan tembakan yang tajam mengoyak jala gawang Borneo FC.

Stefano Cugurra Teco mengaku terkesan dengan performa Simic. Dua gol ke gawang Tim Pesut Etam membuat Simic sudah mencetak tiga gol di Piala Presiden 2018 dan enam gol di semua turnamen yang diikuti tim Macan Kemayoran sejauh ini.

"Simic sangat impresif. Sebelum ia dikontrak, saya mendengar dia bisa mencetak banyak gol dan dia mampu membuktikannya. Gol yang dicetak Simic juga sangat membantu kami dalam memenangi pertandingan, baik saat turnamen di Malaysia maupun di Piala Presiden," ujar Stefano Teco seusai pertandingan.

Marko Simic mengaku gembira bisa kembali berkontribusi besar bagi kemenangan Persija. Ia merendah dengan menegaskan kemenangan Macan Kemayoran bukan semata-mata karena dirinya.

"Saya tentu bangga dan senang bisa mencetak gol lagi hari ini. Namun, bukan itu yang terpenting. Bagi saya yang penting kami bisa memenangi pertandingan, tak peduli siapa yang mencetak gol. Saya mempersembahkan gol-gol saya hari ini untuk tim dan suporter Persija. Mereka luar biasa," ujar Simic.

3 of 4

Greg Nwokolo (Madura United)

PS TNI vs Madura United
Duel PS TNI vs Madura United di Stadion GBT, Surabaya, Selasa (23/1/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

2. Greg Nwokolo (Madura United)

Setelah Bola.com memilih Greg Nwokolo sebagai satu di antara tiga pemain terbaik pada pekan perdana Piala Presiden 2018, harus diakui striker naturalisasi yang dimiliki Madura United ini memang pemain yang sangat berkualitas pada pekan kedua ketika Laskar Sapeh Kerrab menang 3-1 atas PS TNI, Selasa (23/1/2018).

Greg Nwokolo yang bermain selama 90 menit pertandingan memperlihatkan permainan yang sangat luar biasa dengan mencatatkan satu gol atas namanya dan dua assist dengan proses yang tidak biasa. Pemain kelahiran Nigeria itu bahkan menuai pujian dari sang pelatih, Gomes de Oliveira, sebagai pemain yang akan membawa Madura United meraih kesuksesan.

"Secara permainan, semua pemain memiliki kemampuan di atas rata-rata. Greg Nwokolo bisa membawa Madura United meraih sukses," ujar Gomes de Oliveira usai pertandingan kontra PS TNI itu.

Pujian tersebut merupakan hal yang wajar mengingat tiga gol yang dicetak oleh Madura United tak lepas dari kontribusi besar Greg Nwokolo. Salah satunya adalah gol yang diciptakannya dengan tandukan kepala pada menit ke-58.

Sementara kontribusi dua gol lainnya, yang dicetak Bayu Gatra dan Cristian Gonzales, juga berawal dari assist yang diberikannya. Tak hanya sekadar assist, umpan terakhir yang dilepaskan oleh Greg benar-benar memperlihatkan kualitasnya sebagai pemain yang memiliki skill tinggi.

Pada gol pertama Madura United yang dicetak Bayu Gatra, Greg sempat berkutat dengan penjagaan pemain bertahan PS TNI saat menerima umpan panjang dari belakang. Namun, dengan cerdik Greg melakukan nutmeg ketika menyodorkan bola kepada Bayu Gatra yang tak disia-siakan untuk menjadi gol pertama Laskar Sapeh Kerrab.

Sementara itu, pada gol ketiga Madura United yang tercipta di masa injury time, Greg Nwokolo melakukan akselerasi menusuk ke dalam kotak penalti dari sisi kiri. Begitu berada di sudut sempit, Greg mengirimkan bola dengan melakukan cut back yang langsung disambar oleh Cristian Gonzales.

4 of 4

Frets Butuan (PSMS Medan)

Frets Butuan
Ilustrasi - Frets Butuan saat merayakan selebrasi gol untuk PSMS. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

3. Frets Butuan (PSMS Medan)

Pemain sayap PSMS Medan ini layak disebut sebagai salah satu pemain terbaik di pekan kedua Piala Presiden 2018. Keberanian yang diperlihatkannya ketika menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (21/1/2018), membuatnya layak menjadi pemain terbaik pekan kedua Piala Presiden 2018.

Momen penting yang diraih Frets Butuan dalam pertandingan di kandang Persib tersebut terjadi pada menit ke-28. Pemain muda asal Ternate itu tak hanya mencetak gol pertama PSMS ke gawang Persib Bandung, tetapi memperlihatkan kualitasnya sebagai pemain andal yang memiliki ketenangan luar biasa.

Mendapatkan umpan panjang di sisi kiri zona penyerangan PSMS, Frets Butuan masuk ke dalam kotak penalti Persib Bandung dan melepaskan sebuah tembakan dari sudut sempit. Tendangan lob yang dilepaskannya tak mampu dihalau oleh penjaga gawang dan pemain bertahan Persib Bandung yang cukup banyak berada di sekitar gawang Maung Bandung.

Proses gol yang indah itu menjadi sebuah momen yang cukup menentukan dalam pertandingan tersebut. PSMS akhirnya menang 2-0 atas Persib berkat tambahan gol yang diciptakan oleh Antoni Putro. 

Lanjutkan Membaca ↓