3 Gol Indah Berkelas Dunia Pekan Kedua Piala Presiden 2018

Oleh Ario Yosia pada 27 Jan 2018, 08:02 WIB
3 Gol Terbaik

Bola.com, Jakarta - Tensi persaingan mulai memanas memasuki pekan kedua babak grup Piala Presiden 2018. Jumlah gol yang tercipta melonjak pesat.

Total sebanyak 31 gol tercipta sepanjang pekan kedua Piala Presiden 2018 yang berlangsung pada periode 21-25 Januari 2018. Lebih banyak dibanding pekan sebelumnya, di mana hanya 28 gol mencuat dari 10 laga di lima grup penyisihan.

Tidak ada satu pertandingan pun yang berkesudahan tanpa gol selama pekan kedua turnamen pramusim yang satu ini. Pekan kedua Piala Presiden 2018 ditutup duel Arema Vs PSIS Semarang di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (25/1/2018). Bentrok Grup E berkesudahan 3-1 buat Tim Singo Edan.

Tiga pemain memimpin daftar teratas pencetak gol, yakni Marco Simic (Persija Jakarta), Greg Nwokolo (Madura United), dan Stefano Lilipaly (Bali United).

Persaingan di lima grup penyisihan amat ketat. Belum ada satu pun tim yang memastikan lolos ke babak 8 besar, berbekal poin absolut di dua laga sekalipun.

Dari lima grup yang ada hanya lima pemuncak klasemen plus tiga tim berstatus runner-up terbaik yang akan melaju ke fase perempat final yang rencananya dihelat di Stadion Manahan, Solo, 3-4 Februari 2018.

Bola.com memilih tiga gol terbaik dari 10 laga pekan kedua Piala Presiden 2018. Seperti apa proses dan siapa kreatornya? Simak di halaman berikut:

2 of 4

Marko Simic (Persija Jakarta)

Marko Simic, Persija Jakarta
Marko Simic kembali mencetak gol untuk Persija Jakarta dalam pertandingan kontra Borneo FC di Grup D Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (24/1/2018). (Dok. Persija Jakarta)

1. Marko Simic (Persija Jakarta)

Persija berhasil kembali menguasai puncak klasemen Grup D Piala Presiden 2018 menggeser Bali United setelah meraih kemenangan 2-0 atas Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (24/1/2018). Dua gol Marko Simic membawa Persija meraih poin penuh di laga kedua mereka.

Tim Macan Kemayoran berhasil membuka keunggulan melalui gol yang dicetak striker asal Kroasia itu melalui titik putih pada menit ke-37.

Wasit memberikan penalti kepada Macan Kemayoran setelah Ricardo Salampessy tertangkap mata wasit melakukan handball di kotak penalti ketika Marko Simic hendak melewatinya.

Persija berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-77. Tendangan kaki kiri dilepaskan oleh Marko Simic dari jarak jauh menghujam gawang Tim Pesut Etam.

Gol kedua mantan pemain klub asal Malaysia, Kelantan FA, berkelas dunia. Simic melepas tembakan yang dilepas dalam keadaan dikelilingi pemain Borneo FC itu meluncur kencang ke bagian atas gawang tim asuhan Ponaryo Astaman yang dikawal Nadeo Argawinata.

Seperti apa proses terjadinya gol Marko Simic? Simak videonya:

 

3 of 4

Irfan Jaya (Persebaya Surabaya)

Irfan Jaya
Selebrasi gol Irfan Jaya dalam duel Persebaya Vs Perseru dalam lanjutan penyisihan Grup C Piala Presiden 2018. (Bola.com/Aditya Wany)

2. Irfan Jaya (Persebaya Surabaya)

Gemuruh Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, semakin keras saat Irfan Jaya masuk lapangan. Ia yang mengawali laga Persebaya Surabaya Vs Perseru Serui dengan duduk di bangku cadangan sebelum akhirnya masuk menggantikan Oktafianus Fernando di menit ke-60.

Irfan sudah menjadi pujaan bagi publik GBT. Dia merupakan pahlawan Persebaya yang keluar sebagai pemain terbaik Liga 2 musim lalu. Performa on-fire sepanjang musim sang gelandang sayap berbuah pemanggilan pelatnas Timnas Indonesia U-23.

Selama sepekan pada 15-21 Januari, ia mengikuti pelatnas Asian Games 2018 di bawah komando pelatih Luis Milla. Oleh sebab itu, Irfan absen kala Persebaya ditahan imbang 1-1 oleh PS TNI di persaingan penyisihan Grup C Piala Presiden 2018, Jumat (18/1/2018). Kehadirannya kali ini pun dirindukan oleh Bonek Mania.

Ternyata, kepercayaan yang diberikan oleh pelatih Angel Alfredo Vera mampu dibayar dengan baik oleh Irfan. Dia mencetak gol pengganda kedudukan jelang bubaran.

Sontak, nyanyian yang disenandungkan Bonek Mania di GBT semakin kencang. Saat melakukan selebrasi dengan menghampiri bench Persebaya, Irfan mendapat sambutan dari manajer Persebaya, Chairul Basalamah.

Irfan sampai diangkat dan digendong oleh pria berusia 37 tahun itu. Setelah itu, wasit meniup peluit panjang dengan keadaan angka 2-0 menghiasi papan skor di GBT. Bonek bersuka cita menyambut sang pahlawan.

“Malam ini saya sangat senang bisa mencetak gol. Ini berkat dukungan dari teman-teman. Semuanya berkat kerja sama tim yang baik,” kata top scorer Torabika Soccer Championship U-21 2016 itu.

Menurut Irfan, apa yang dilakoninya saat melawan Perseru merupakan buah pembelajaran yang telah dilakukannnya saat bersama Timnas Indonesia U-23. Bersama Luis Milla, ia mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga.

Bagaimana proses terjaidnya gol Irfan, yuk nonton videonya:

4 of 4

Frets Butuan (PSMS Medan)

Frets Butuan
Striker PSMS Medan, Frets Butuan, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Martapura FC pada laga Liga 2 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (13/11/2017). PSMS Medan menang 2-1 atas Martapura FC. (Bola.com/ M Iqbal Ichsan)

3. Frets Butuan (PSMS Medan)

PSMS Medan secara mengejutkan mengalahkan Persib Bandung pada laga lanjutan penyisihan Grup A Piala Presiden 2018, Minggu (21/1/2018), di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung.

Tampil sebagai tim tamu, PSMS yang berkekuatan mayoritas pemain muda, justru tak gentar. Di hadapan puluhan ribu bobotoh, PSMS yang dipimpin Djadjang Nurdjaman memberikan ancaman besar sejak menit awal, walau Persib juga menguasai jalannya pertandingan.

PSMS membuka keunggulan pada menit ke-26 lewat tendangan bebas Frets Butuan. Tendangan Fretz mengingatkan kita pada sosok-sosok eksekutor bola-bola mati kelas dunia macam David Beckham, Roberto Carlos, atau Zinedine Zidane.

Hanya berselang empat menit, Tim Ayam Kinantan menambah keunggulan. Kali ini dari aksi serangan balik dan dieksekusi dengan baik oleh Antony Putro Nugroho yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Deden Natsir.

Kemenangan 2-0 atas Persib jadi modal berharga bagi Tim Ayam Kinantan untuk bisa lolos ke putaran selanjutnya. Walau pada pertandingan terakhir PSMS kalah 0-2 melawan Sriwijaya FC, namun Legimin Raharjo menutup persaingan penyisihan Grup A di posisi runner-up dengan modal poin menyakinkan.

Sebelum menekuk Persib, PSMS menggasak tim kuat lainnya PSM Makassar 2-1. Frets Butuan juga menyumbang gol pada laga itu.

Seperti apa gol indah Frets Butuan. Mari tengok video berikut:

Lanjutkan Membaca ↓