Sukses


Kecolongan Gol di Extra Time, Vietnam Gagal Juarai Piala AFC U-23

Bola.com, Jakarta - Timnas Vietnam U-23 mengukir sejarah dengan tampil di final Piala AFC U-23 2018. The Golden Stars menghadapi Uzbekistan pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Changzhou Olympic Sports Center, Changzhou, China, Sabtu (27/1/2018).

Namun, pertandingan berujung tidak seperti yang diharapkan tim wakil dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara itu.

Jalannya pertandingan di babak pertama sempat tertunda akibat hujan salju yang turun. Sejak satu hari sebelum pertandingan, Kota Changzhou memang dilanda hujan salju tebal. Permukaan lapangan pun menjadi putih tertutup salju.

Panpel berusaha keras menyingkirkan timbunan salju yang menebal, namun hingga jelang kick-off, rumput lapangan yang berwarna hijau tak lagi terlihat karena tertutup salju.

Meski kondisi lapangan sulit, kedua kesebelasan tetap mencoba menampilkan permainan terbaik. Vietnam dikejutkan dengan gol Uzbekistan saat pertandingan berjalan delapan menit.

Rustamjon Ashurmatov merobek gawang Vietnam yang dikawal Bui Tien Dung untuk mengubah skor menjadi 1-0 lewat sundulan memanfaatkan umpan silang sepak pojok.

Tertinggal 0-1 tak membuat Vietnam lesu. Sebaliknya, skuat asuhan pelatih Park Hong-seo ini menunjukkan sebagai tim yang tak mudah menyerah. Upaya tak kenal lelah Vu Van Thanh dkk. akhirnya membuahkan gol penyama skor.

Nguyen Quang Hai mencetak gol cantik lewat tendangan bebas yang tak mampu dibendung kiper Uzbekistan, Botirali Ergashev. Skor berubah jadi 1-1 pada menit ke-41.

Sepanjang babak pertama, Uzbekistan terlihat mendominasi permainan dengan menguasai bola 66,7 persen berbanding 33,3 persen. Tim asuhan pelatih Ravshan Khaydarov ini juga mencatatkan lebih banyak tendangan ke gawang, yakni empat berbanding dua.

Di sisi lain, salju yang terus turun memaksa pertandingan ditunda saat turun minum. Pertandingan kembali dilanjutkan setelah ditunda sekitar satu jam.

Extra Time

Di babak kedua berbagai upaya yang dilancarkan kedua tim belum mengubah skor sehingga hingga waktu normal pertandingan, kedudukan masih 1-1. Pertandingan pun berlanjut ke babak extra time.

15 menit pertama berjalan tanpa gol. Perhatian justru tertuju pada salju yang masih turun dengan deras. Pemain kedua tim berupaya keras mempertahankan permainan apik dalam suhu kisaran nol derajat celsius.

Lapangan yang licin akibat tertutup salju membuat pemain jauh lebih berhati-hati pada 15 menit kedua extra time. Kedua kesebelasan mampu membuat beberapa peluang, namun penyelesaian akhir yang belum maksimal membuat skor 1-1 belum berubah. 

Di saat pertandingan seperti akan berlanjut lewat drama adu penalti, Uzbekistan menyusun serangan untuk menekan Vietnam pada menit-menit akhir babak kedua extra time.

Tekanan itu membuahkan sepak pojok. Dostonbek Khamdamov mengambil tugas mengirim bola. Andrey Sidorov menerima bola itu dengan tendangan kaki kiri yang langsung diarahkan ke arah gawang Bui Tien Dung. Kiper Timnas Vietnam U-23 itu tak mampu menjangkau bola tembakan Sidorov, yang meluncur masuk ke gawangnya.

Skor berubah jadi 2-1 untuk keunggulan Uzbekistan, hanya satu menit jelang bubaran babak kedua extra time.

Tak lama berselang wasit meniup peluit tanda pertandingan usai. Uzbekistan akhirnya merebut gelar juara Piala AFC U-23 2018 dan Timnas Vietnam U-23 harus mengubur impian jadi juara untuk kali pertama dan harus puas dengan status runner-up.

Sementara peringkat ketiga Piala AFC U-23 2018 diduduki Qatar yang mengalahkan Korea Selatan dengan skor 1-0 pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Kunshan, Kunshan, Jumat (26/1/2018).

Video Populer

Foto Populer