Umuh Muchtar Buka Penyebab Achmad Jufriyanto Hengkang dari Persib

Oleh Erwin Snaz pada 29 Jan 2018, 15:45 WIB
Diperbarui 29 Jan 2018, 15:45 WIB
Achmad Jufriyanto
Manajer Persib, Umuh Muchtar, menjelaskan alasan mengejutkan yang membuat Achmad Jufriyanto hijrah dari Persib. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bandung - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, secara blakblakan menjelaskan alasan Achmad Jufriyanto meninggalkan Persib di tengah persiapan tim Maung Bandung menuju Liga 1 2018.

Menurut Umuh, bek yang biasa disapa Jupe ini hijrah dari Persib lantaran ditawar-tawarkan oleh pelatih Mario Gomez dan asistennya Fernando Soler, untuk berkarier di luar Indonesia, seperti Thailand dan Malaysia.

Akibatnya, Jupe merasa tidak nyaman karena dengan upaya pelatih menyarankan berkarier di luar negeri, seolah dirinya tidak dibutuhkan Persib lagi, padahal sebetulnya ia sudah dikontrak manajemen Persib selama dua tahun ke depan.

"Saya juga kaget ketika Jupe datang, menangis, dan meminta maaf ke saya sambil menceritakan kronologis alasan memilih ke luar dari Persib. Saya tidak bisa memagari pemain kalau sudah tidak dibutuhkan pelatih. Hanya, saya kecewa mengapa sampai begitu, padahal Jupe menurut saya masih bagus," jelas Umuh di kediamannya, Jalan Kiaracondong, Bandung, Senin (29/1/2018).

Umuh menambahkan, Jupe menjelaskan padanya, menurut Mario Gomes ada klub, satu di antaranya dari Thailand, yang tertarik kepadanya. Sang pelatih menilai Jupe lebih cocok berkarier dan punya masa depan cerah di luar negeri.

"Mendengar ucapan pelatih seperti itu, tentu Jupe kaget. Mengapa pelatih kok menawarkan dirinya seperti itu, padahal ia masih ingin memperkuat Persib," ucap Umuh.

Umuh mengaku heran dan tidak mengerti apa maksud pelatih menawar-menawarkan pemain ke klub lain, padahal performa Jupe selama di Persib terbilang apik.

"Waktu laga pembuka Piala Presiden 2018 melawan Sriwijaya FC, lini pertahanan Persib solid dan tidak kebobolan. Begitu melawan PSMS dan PSM, kami kebobolan, mungkin salah satunya faktor tidak adanya Jupe. Ini menurut saya, tapi semua kami serahkan ke pelatih saja," ujar Umuh.

Yang pasti, kata Umuh, selama dua musim terakhir (2017 dan 2018), ia tidak tahu menahu soal perekrutan pemain baru.

"Waktu itu saya hanya minta agar pemain lama yang masih bagus untuk dipertahankan, tapi tetap yang memutuskan pelatih. Bahkan waktu Makan Konate ingin ke Persib, saya sampaikan ke pelatih, tapi ditolak. Ya sudah, saya tidak berbuat apa-apa karena itu sudah keputusan pelatih," tegas Umuh.

Seperti diketahui, Jupe pamitan dari Persib secara resmi pada Jumat (26/1/2018) seusai laga Persib kontra PSM di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, yang berakhir dengan kekalahan 0-1. Ia mengaku akan memperkuat klub peserta Liga Super Malaysia, Kuala Lumpur FA.