Arema Pincang Tanpa 2 Pemain Asing di Fase 8 Besar Piala Presiden

Oleh Iwan Setiawan pada 31 Jan 2018, 17:45 WIB
Thiago Furtuoso dan Arthur Cunha

Bola.com, Malang - Setelah memastikan diri ke babak 8 besar sebagai juara Grup E Piala Presiden 2018, Arema FC dihadapkan pada persoalan besar. Arema kehilangan dua pemain asing, Arthur Cunha dan Thiago Furtuoso.

Dari catatan tim pelatih Arema, keduanya sudah mengantongi dua kartu kuning selama babak penyisihan. Kartu kuning terakhir dikantongi dalam laga keras melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Selasa (30/1/2018).

"Dari catatan kami dua pemain itu absen karena sesuai regulasi, dua kartu kuning terkena sekali larangan bermain. Akan kami pikiran penggantinya," kata pelatih Arema FC, Joko 'Getuk' Susilo.

Dalam regulasi Piala Presiden 2018, pemutihan kartu hanya bisa dilakukan dalam pertandingan final sehingga saat fase 8 besar, rekapan kartu tersebut masih berlaku.

Jadi kehilangan besar tentunya bagi Singo Edan karena Arthur merupakan bek andalan Arema. Dia jadi pemain yang diandalkan menghadapi serangan bola atas dari lawan. Mantan pemain Mitra Kukar ini juga selalu jadi pilihan utama dalam babak penyisihan grup.

Sebenarnya Arema masih punya dua stoper lokal, M. Zaenuri dan Bagas Adi Nugroho. Tetapi, dua pemain itu sebelumnya jarang mendapat kesempatan bermain Zaenuri justru melakukan blunder dengan gol bunuh diri saat pertandingan pertama melawan Persela Lamongan.

Sedangkan Bagas, musim lalu memang jadi pilihan utama. Namun setelah cedera lutut, pernampilannya menurun drastis. Trauma cedera tampaknya belum hilang dan membuatnya kurang gereget di lapangan. Opsi lainnya, dua bek sayap, Junda Irawan dan Syaiful Indra, yang harus digeser jadi stoper seperti musim lalu.

Untuk pengganti Furtuoso, ada penyerang lokal M. Nur Hardianto, Dedik Setiawan hingga Rivaldi Bawuo. Hanya, Furtuoso memang lebih tajam. Penyerang 30 tahun asal Brasil ini sudah mengoleksi dua gol dan jadi pencetak gol terbanyak sementara untuk Arema.

"Untuk mencari pengganti Arthur dan Furtuoso, harus kami lihat dalam beberapa hari ke depan Karena Rivaldi masih ada cedera. Yang lainnya akan dicoba juga," imbuh Getuk.

Selain dua pemain asing yang absen, gelandang serang asal Brasil, Rodrigo Ost, kondisinya juga masih belum fit karena staminanya memang belum 100 persen dalam Piala Presiden 2018.

Hanya Ahmet Atayev yang terlihat bugar karena gelandang asal Turkmenistan ini memang gabung sejak awal Arema menggelar sesi latihan pada awal Desember 2017.