Sukses


Terungkap, Harga Tarif GBK untuk Persija

Jakarta - Rencana Persija untuk memakai Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) mulai menemui titik terang. Apalagi harga sewa stadion kebanggaan tanah air itu tidak semahal yang diperkirakan.

Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK), Winarto mengatakan, ada yang keliru dengan biaya tersebut. Untuk sekali sewa, pihaknya mematok tarif Rp 450 juta.

Berbicara terkait uang jaminan Rp 1,5 miliar yang selama ini beredar, Winarto tidak membantahnya. Uang tersebut bakal digunakan untuk mengantisipasi kerusakan setelah SUGBK dipakai.

Dengan tarif sewa Rp 450 juta plus Rp 1,5 m uang jaminan, Persija total harus mengeluarkan Rp 1,950 m untuk sekali memakai SUGBK. Bukan Rp 2,040 m seperti yang dikalkulasi sebelumnya.

“Untuk biaya sewanya itu sebesar Rp 450 juta dan harus meyertakan uang jaminan Rp 1,5 m. Uang jaminan yang nantinya digunakan itu untuk biaya penggantian kerusakan (jika memang ada) dan diambil setelah pihak PPK-GBK memberikan bukti laporan kerusakan terhadap pihak Persija,” ujar Winarto ketika dihubungi wartawan.

Persija berencana mamakai SUGBK untuk dua kompetisi sekaligus, yaitu Liga 1 dan Piala AFC 2018. Selain itu, tim berjuluk Macan Kemayoran ini juga tertarik menggunakan SUGBK jika berhasil lolos ke semifinal Piala Presiden 2018.

2 dari 3 halaman

Komunikasi Intens

Persija Jakarta akan kembali lagi melihat koreografi Jakmania jika berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Winarto memaparkan, Persija telah melakukan pendekatan dengan pihaknya sejak lama. Terakhir, kedua pihak bertemu pada akhir Januari lalu.

Direktur Utama Persija Gede Widiade kerap menyambangi Winarto untuk meminta izin restu menggunakan SUGKB. Pasalnya, Macan Kemayoran tengah bingung lantaran homebase di musim lalu, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, sedang dipercantik diri untuk Asian Games 2018.

“Untuk Persija yang akan menggunakan SUGBK, kami sudah lama bertemu dengan Pak Gede. Rabu (31/1/2018) kemarin juga saya sudah bertemu dengan Pak Gede membicarakan mekanisme untuk penyewaan stadion,” ungkap Winarto.

3 dari 3 halaman

Hitung-hitungan Uang Jaminan

Terkait uang jaminan Rp 1,5 m, Winarto berjanji bakal mengembalikannya dengan syarat SUGBK tidak rusak setelah peminjaman selesai.

“Mekanismenya begini, pertandingan digelar pada sore hari dan selesainya malam. Keeseokan harinya kami akan sodorkan dulu laporan kerusakan-kerusakan lengkap beserta fotonya dan nantinya akan ada rincian biaya pergantian,” imbuh Winarto.

“Semisal, dari 60 ribu penonton yang hadir, ternyata ada sekitar 50 kursi yang rusak dan setelah dikalkulasikan biaya perbaikan sebesar Rp 2 juta. Dari uang jaminan itulah yang nantinya akan diambil untuk biaya perbaikan.”

“Setelah rincian didapatkan maka siang harinya sisa uang jaminan yang diserahkan Persija akan dikembalikan lagi. Jika tak ada kerusakan maka uang Rp 1,5 miliar dikembalikan lagi,” tutupnya.

Sumber: www.liputan6.com

Video Populer

Foto Populer