3 Gol Sensasional di Fase Perempat Final Piala Presiden 2018

Oleh Ario Yosia pada 06 Feb 2018, 08:30 WIB
Diperbarui 08 Feb 2018, 08:16 WIB
3 Gol Terbaik

Bola.com, Jakarta - Fase perempat final Piala Presiden 2018 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, pada 3-4 Februari penuh drama. Empat pertandingan yang digelar selama dua hari berjalan dalam tensi tinggi, menyajikan ketegangan bagi penikmat sepak bola Tanah Air.

Pada hari perdana, Sabtu (3/2/2018), dua pertandingan harus disudahi dengan drama adu penalti. PSMS Medan lolos ke semifinal setelah mengalahkan sesama klub promosi Liga 1, Persebaya Surabaya lewat adu tos tosan dengan skor 4-3. Hingga perpanjangan waktu Media tim bermain skor imbang 3-3.

Selanjutnya Bali United menggandaskan perlawanan Madura United lewat adu penalti dengan skor 5-2. Kedua tim yang bertabur bintang bermain draw 2-2 hingga extra time.

Memasuki hari kedua, Minggu (4/2/2018), dua laga disudahi dengan skor identik 3-1. Persija Jakarta mengalahkan Mitra Kukar, serta Sriwijaya FC menggasak Arema FC.

Pada babak semifinal nanti, PSMS bakal berjumpa Persija. Sementara itu, Bali United bakal berjumpa Sriwijaya FC. Bentrok semifinal bakal dihelat dengan format kandang dan tandang pada 10 dan 13 Februari.

Pada babak 8 besar Piala Presiden 2018, Bola.com memilih tiga gol sensasional. Gol-gol tersebut tak hanya jadi penentu nasib tim yang berlaga, namun kualitasnya bisa disetarakan dengan gol-gol turnamen elite dunia. Siapa yang jadi aktor utama dan bagaimana proses terjadinya gol-gol tersebut?

2 of 4

Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC)

Gelandang Sriwijaya FC, Syahrian Abimanyu
Gelandang Sriwijaya FC, Syahrian Abimanyu, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Sriwjaya FC menang 3-1 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

1. Syahrian Abimanyu (Sriwijaya FC)

Bintang muda Sriwijaya FC, Syahrian Abimanyu tampil gemilang pada duel kontra Arema FC, Minggu (4/2/2018) malam di Stadion Manahan, Solo. Pada laga babak 8 besar Piala Presiden 2018 itu, Abimanyu menyumbang satu gol untuk Laskar Wong Kito.

 Gol yang dicetak gelandang Timnas Indonesia U-19 itu sangat indah, yakni dari tendangan bebas melengkung pada menit ke-71. Gol itu membuat Sriwijaya FC unggul 2-0, kemudian Beto Goncalves memastikan kemenangan 3-1 menjelang laga berakhir. Bio Paulin jadi penyumbang gol perdana Laskar Wong Kito.

Gol ini menjadi gol perdana Abimanyu di klub profesional. “Di Timnas U-19 saya memang pernah bikin gol, namun bukan dari situasi bola mati seperti tadi, jadi rasanya senang sekali,” ujarnya usai pertandingan.

Pemain yang berwajah imut ini memberikan golnya untuk kedua orang tua dan suporter Sriwijaya FC, baik yang datang ke Solo maupun yang mendukung lewat layar kaca.

Abimanyu tak menyangka bakal mencetak gol debut yang sekaligus mengantarkan timnya ke semifinal. Bersama Sriwijaya FC, tujuan utama Abimanyu menambah pengalaman.

Ia pun tak merasakan kesulitan, walau persaingan di level senior sangat ketat. Apalagi, Sriwijaya FC memiliki banyak pemain bintang. Namun, deretan pemain senior Sriwijaya FC membuatnya nyaman.

“Tapi saya beruntung karena pemain senior di Sriwijaya FC banyak membantu, mengajari dan melindungi saat di lapangan hijau sehingga tidak terlihat adanya perbedaan di tim,” jelas pemain yang musim lalu berkostum Persija Jakarta U-19 itu.

Seperti apa gol spektakuler Syahrian Abimanyu ke gawang Arema FC? Simak videonya:

3 of 4

Greg Nwokolo (Madura United)

Madura United, Piala Presiden 2018, Bali United
Pemain Madura United tampak tegang saat adu penalti melawan Bali United pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, (3/2/2018). Bali United menang adu penalti 5-4 atas Madura United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

2. Greg Nwokolo (Madura United)

Madura United harus mengakui kekalahan 4-5 atas Bali United melalui drama adu penalti pada babak perempat final Piala Presiden 2018, Sabtu (3/2/2018) malam WIB. Hasil minor ini merupakan ulangan dari edisi tahun lalu.

Bermain di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Madura United sebenarnya berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui aksi Greg Nwokolo pada menit ketujuh.

Gol yang dicetak penyerang naturalisasi beradarah Nigeria ini terhitung berkelas. Greg yang sebelumnya sudah menyumbang tiga gol buat Madura United memperdaya tiga pemain belakang Bali United sekaligus lewat aksi gocekannya.

Sayang keunggulan tersebut hanya bertahan sejenak sebelum Stefano Lilipaly mencetak gol penyeimbang melalui tendangan penalti.

Pada menit ke-44, Madura kembali unggul melalui aksi Fabiano Beltrame dari titik putih. Sayang, kemenangan yang sudah di depan mata akhirnya sirna pada menit ke-68 setelah Ahmad Agung mencetak gol penyeimbang. Skor 2-2 tersebut bertahan hingga waktu normal.

Pada babak adu penalti, seluruh eksekutor Bali United berhasil melakukan tugasnya. Adapun, Marcel Sacramento menjadi satu-satunya pemain Madura United yang gagal mengeksekusi tendangan penalti sehingga timnya harus mengakui kekalahan 4-5.

Seperti apa proses terjadinya gol Greg Nwokolo? Nonton video berikut:

 

4 of 4

Marko Simic (Persija)

Striker Persija, Marko Simic
Striker Persija, Marko Simic, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Mitra Kukar pada laga perempat final Piala Presiden di Stadion Manahan, Solo, Minggu, (4/2/2018). Persija menang 3-1 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

3. Gol Marko Simic (Persija)

Persija Jakarta memastikan melangkah ke semifinal Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 3-1 di pertandingan 8 besar yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/2/2018). Dua gol yang dipersembahkan Marko Simic kualitasnya yahud.

Persija berhasil membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui gol yang dicetak Marko Simic. Berawal dari lemparan ke dalam di area pertahanan Mitra Kukar, striker asal Kroasia itu melihat bola hasil sundulan dari Novri Setiawan yang mengarah kepadanya. Marko Simic maju menyambut bola dan dengan tendangan kaki kiri, berhasil membuat bola mengoyak jala gawang Mitra Kukar.

Setelah water break pada babak pertama, Mitra Kukar mencoba bangkit dan tampak lebih bersemangat. Naga Mekes begitu berusaha menekan lini pertahanan Persija. Namun, lini pertahanan Macan Kemayoran cukup ketat.

Justru beberapa kali Riko Simanjuntak dan Ramdani Lestaluhu mampu merebut bola dan melakukan serangan cepat. Akhirnya pada masa injury time babak pertama, berawal dari pergerakan Ramdani Lestaluhu, Marko Simic berhasil mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini.

Ramdani Lestaluhu mengecoh beberapa pemain Mitra Kukar sebelum mengirimkan umpan pendek kepada Marko Simic yang berdiri tepat di depan kotak penalti Mitra Kukar. Tembakan kaki kiri dilepaskan Super Simic ke sudut bawah gawang Mitra Kukar dan tak mampu dihalau Yoo Jae-hoon.

Mitra Kukar sempat mempertipis kedudukan lewat gol Fernando Rodriguez Ortega pada menit ke-71. Namun, Macan Kemayoran menebalkan kedudukan lewat gol Bambang Pamungkas tiga menit sebelum peluit panjang.

Seperti apa dua gol Marko Simic yang memperdaya gawang Mitra Kukar? Nikmati sajian video cuplikan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓