Sukses


Michael Owen Ingin Buka Akademi di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Michael Owen mengunjungi Indonesia. Dalam kunjungannya ini, legenda Liverpool tersebut ewacanakan ingin membuka akademi sepak bola di Tanah Air.

Hal tersebut terungkap saat Owen mengunjungi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Jakarta, Senin (6/2/2018) kemarin. Di sana, Owen bertemu dengan Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Dalam pertemuan tersebut, Owen memperkenalkan Michael Owen Football Center (MOFC).

"Masyarakat Indonesia begitu gila dengan sepak bola. Sepak bola membutuhkan banyak orang untuk bermain. Di MOFC, kita berlatih mengontrol bola. Jadi saya pikir ini terbuka untuk semua orang," kata Owen.

Owen mengaku kerap mendengar gairah sepak bola Indonesia yang cukup tinggi. Menurutnya, hal tersebut merupakan sesuatu yang positif.

"Jadi itu suatu hal yang positif. Saya tahu dari negara saya, Indonesia punya gairah besar untuk sepak bola," ucap Owen.

 

 

2 dari 3 halaman

Sepak bola Usia Dini

Mantan pemain Timnas Inggris, Michael Owen (kiri) berbincang dengan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (5/2). Owen berencana mendirikan Michael Owen Footbal Centre di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

 Lebih lanjut, Owen juga menyampaikan saran untuk sepak bola Indonesia. Menurutnya, agar menghasilkan pemain berkualitas, sebuah negara harus memiliki struktur pembinaan yang jelas.

"Kami punya struktur di Inggris. Semua klub seperti Liverpool, Manchester United, semua punya pemain berusia lima tahun belajar bagaimana menyentuh bola, bagaimana mengontrolnya," ujar Owen.

"Mungkin di kurikulum untuk sekolah, klub sepak bola, pelatih, dengan fasilitas yang bagus. Inilah yang harus dikembangkan," kata Owen menambahkan.

3 dari 3 halaman

Tak Bisa Instan

Owen mengatakan struktur tersebut penting lantaran seorang pemain bagus tak bisa lahir dari proses yang instan. Hal tersebut karena materi latihan untuk setiap kelompok umur berbeda.

Owen mencontohkan, anak usia lima sampai enam tahun baiknya diberi materi dasar seperti mengontrol bola dan menyentuhnya. "Pada usia 13-14, Anda akan belajar level yang lebih tinggi seperti taktik atau transisi dalam permainan," papar Owen.

Sumber: Liputan6.com

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Michael Owen

  • Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer