Sukses


Prediksi Persija Vs PSMS: Mengamankan Tiket Final

Bola.com, Solo - Persija Jakarta mendapat giliran menjamu PSMS Medan pada leg kedua semifinal Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Senin sore (12/2/2018). Tim Macan Kemayoran berada di posisi yang nyaman setelah menang dengan skor telak 4-1 di leg pertama (10/2/2018).

Skuat asuhan pelatih Stefano Cugurra Teco itu tinggal membutuhkan hasil imbang, atau tidak kalah lebih dari tiga gol untuk lolos. Asal tak meremehkan lawan, sejatinya satu kaki Persija sudah berada di partai puncak.

Apalagi Ismed Sofyan dkk. akan kembali mendapatkan dukungan dari ribuan suporter The Jakmania, yang setia mendampingi mereka. Solo, sudah ibarat rumah kedua baik bagi Persija maupun Jakmania.

Namun, jargon bola itu bundar alias tak ada yang mustahil dalam sepak bola wajib dipegang. PSMS bisa membuat kejutan dan memanfaatkan celah yang dimiliki tim ibu kota.

"Persija belum dipastikan lolos. Masih ada satu pertandingan lagi melawan PSMS sebelum memastikan ke final. Kami harus kembali memenangi laga itu," tegas Teco.

Meski dihadapkan dengan jadwal mepet, karena harus membagi tenaga dan konsentrasi dengan pertandingan pertama penyisihan Grup H Piala AFC 2018 melawan wakil Malaysia, Johor Darul Ta'zim, Teco mengisyaratkan akan tetap menurunkan kekuatan penuh.

Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan, Rohit Chand, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, hingga top scorer sementara Piala Presiden 2018, Marko Simic, kemungkinan besar kembali beraksi.

Indikasi itu terlihat dalam sesi latihan, Minggu sore (11/2/2018). Starting eleven yang diturunkan di leg pertama diberi kesempatan untuk beristirahat dan berteduh dari guyuran hujan tanpa mengikuti sesi latihan. Kemungkinan besar, tenaga mereka memang kembali diperlukan untuk laga sore nanti.

"Kami jelas mengincar kemenangan kedua. Kami tetap memberi respek kepada PSMS yang mungkin bisa mengejutkan di pertandingan kedua," jelas Teco.

 

2 dari 2 halaman

Habis-habisan Sampai Tuntas

Di sisi PSMS, mereka siap tampil habis-habisan. Sejauh ini langkah tim Ayam Kinantan hingga semifinal sudah mengejutkan banyak pihak. Maklum, Legimin Raharjo dkk. berstatus tim promosi namun mampu menyingkirkan tim-tim dengan nama besar seperti PSM Makassar dan Persib Bandung.

Pelatih PSMS, Djadjang Nurdjaman, menilai tim asuhannya masih memiliki peluang untuk menang dan lolos ke final. Hanya, PSMS tidak akan diperkuat bek asing, Reinaldo Lobo, yang absen akibat akumulasi kartu kuning.

"Kami yakin bisa membalikkan kondisi meski Persija jelas di atas angin. Kami tetap akan berusaha, di tengah peluang yang cukup tipis," ujarnya.

Eks pelatih Persib Bandung ini mengaku telah melakukan evaluasi pasca kekalahan telak di leg pertama. Termasuk menyusun strategi untuk mengejar defisit empat gol yang masih mungkin bisa dikejar.

"Ada strategi yang tidak bisa saya beberkan ke media. Dengan adanya beberapa pemain mengalami kelelahan, juga akan kami lakukan sedikit rotasi. Yang jelas harus bermain menyerang dan mencetak gol sebanyak-banyaknya," ucapnya.

Prakiraan Formasi Pemain:

Persija Jakarta (4-3-3): M Rizky Darmawan (kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson Silva, Gunawan Dwi Cahyo, M Rezaldi Hehanusa (belakang); Sandi Sute, Fitra Ridwan, Rohit Chan (tengah); Novri Setiawan, Marko Simic, Rudi Widodo (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra

PSMS Medan (4-3-3): Dhika Bhayangkara (kiper); Erwin Ramdhani, Roni Fatahillah, M Roby, Jajang Sukmara (belakang); M Alwi Slamat, Legimin Raharjo, Kissito Yessoh (tengah); Sadney Urikhob, Frets Listanto, Choiril Hidayat (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Video Populer

Foto Populer