Piala Presiden: Fakta Menarik Usai Persija Lolos ke Final

Oleh Liputan6.com pada pada 12 Feb 2018, 21:47 WIB
Piala Presiden 2018-Persija-PSMS

Jakarta PersijaJakarta bermain impresif dua leg semifinal Piala Presiden 2018 melawan PSMS Medan di Stadion Manahan, Solo. Pada pertemuan kedua, mereka kembali berhasil memenangkan pertandingan 1-0 atas PSMS, Senin (12/2/2018).

Macan Kemayoran tampil agresif pada pertemuan pertama dengan menggulung PSMS 4-1, Sabtu (10/2/2018). Menatap leg kedua, banyak prediksi kalau Persija menurunkan skuat keduanya.

Namun, Stefano Cugurra Teco justru tetap memainkan pemain utamanya. Hanya Novri Setyawan, Rohit Chand, Sandi Darma Sute, dan Rezaldi Hehanusa saja yang disimpan. Sedangkan Marko Simic, Ismed Sofyan, hingga Riko Simanjuntak tetap dimainkan.

Hasilnya lumayan apik. Mereka sempat menerima banyak tekanan dari Ayam Kinantan sepanjang lawan, tapi berhasil meredammya. Malah menit ke-60, Simic justru berhasil mencetak gol usai menerima umpan dari Riko Simanjuntak.

Gol itu seakan mengiringi langkah Macan Kemayoran ke partai puncak. Ada 8 fakta menarik yang juga terhias atas keberhasilan Persija itu. Apa saja? Berikut Liputan6.com sajikan:

1 of 2

Fakta Menarik

Piala Presiden 2018-Persija-PSMS
Bek Persija, Jaimerson Da Silva Xavier (kiri berdiri) melakukan protes kepada wasit Yudi Nurcahya saat laga kedua Semifinal Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/2). Persija unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Ini adalah pertama kalinya Persija Jakarta lolos ke partai puncak Piala Presiden sejak tiga gelaran terakhir. Sebelumnya jangankan ke final, lolos grup saja tidak.

2. Persija memberi dua kekalahan Djanur di Stadion Manahan. Padahal sebelumnya saat bersama Persib, dia tak terkalahkan.

3. Persija mempertegas rekor bagus di Solo. Dalam 11 laga, termasuk ini mereka sukses memenangkan tujuh laga, tiga imbang, dan hanya sekali kalah.

4. Marko Simic sangat on-fire di Piala Presiden 2018. Selama Persija berlaga dalam gelaran kali ini, cuma gawang Bali United saja-lah yang belum dia bobol.

5. Simic juga di ambang rekor. Dia tiga gol lagi memecahkan rekor pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen yang saat ini dipegang Cristian Gonzales dengan 11 gol saat jadi top skorer 2017 lalu. Saat ini, Simic sudah cetak 9 gol.

6. Ini juga mempertegas rekor Persija atas PSMS. Dalam 52 kali bersua, Persija raih 24 kemenangan, 17 imbang, dan cuma 11 kali kalah.

7. PSMS dalam enam pertemuan terakhir tak pernah menang lawan Persija. Mereka meraih empat kekalahan, dan dua hasil imbang.

8. Kemenangan 1-0 Persija atas PSMS cuma terjadi dalam dua tembakan tepat sasaran. Sementara, PSMS sendiri melepaskan enam tembakan on target tapi tak ada yang berbuah.

(Eka Setiawan)

Lanjutkan Membaca ↓

Sumber: liputan6.com