Sukses


Prediksi Persija vs Bali United: Momen Spesial Berebut Gelar Juara

Bola.com, Jakarta - Laga puncak Piala Presiden 2018 akhirnya tiba. Persija Jakarta dan Bali United akan bertarung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Bagi kedua tim ini merupakan kesempatan dan momen istimewa untuk bisa mengangkat trofi juara.

Final Piala Presiden 2018 akan menjadi final pertama bagi Persija sejak 13 tahun silam Macan Kemayoran tampil di laga puncak Liga Indonesia 2015. Saat itu Persipura menjadi juara setelah menang 3-2 atas Persija di laga puncak.

Kembali ke pertandingan final setelah 13 tahun adalah sebuah momen berharga, terutama karena Persija sudah hampir 17 tahun tidak mengangkat trofi juara setelah terakhir kalinya menjadi juara Liga Indonesia pada 2001.

Menurut sang pelatih, Stefano Cugurra Teco, ini merupakan kesempatan bagi para pemain Persija untuk bisa menjadi juara, terutama karena dilakukan di depan puluhan ribu The Jakmania yang akan memadati stadion kebanggaan Indonesia itu.

"Ada beberapa pemain yang belum pernah merasakan juara, mungkin hanya Bambang Pamungkas dan beberapa pemain saja yang sudah pernah. Saya katakan kepda mereka laga ini adalah kesempatan untuk menjadi juara dan jangan tunggu lebih lama lagi. Kami respek terhadap Bali United, tetapi Maman Abdurrahman dkk. besok harus ambil kesempatan bermain bagus dan menjadi juara," ujar pelatih asal Brasil itu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Maman Abdurrahman. Menurutnya, ini merupakan kesempatan bagi Persija untuk bisa memberikan hasil terbaik bagi The Jakmania dan masyarakat Jakarta.

"Final ini adalah kesempatan bagi Persija, karena ini final pertama setelah 13 tahun. Semoga hasil terbaik bisa kami raih terutama karena ini digelar di kandang kami. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk The Jakmania meski kami tetap respek terhadap Bali United," ujar bek tengah Persija Jakarta itu.

Untuk pertandingan final Piala Presiden 2018, Stefano Teco telah mempersiapkan timnya dengan matang untuk bisa memastikan akhir dari turnamen pramusim ini menyenangkan bagi Persija dan The Jakmania. Mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya itu siap untuk memainkan semua pemain terbaiknya di pertandingan final.

Sejumlah pemain yang tidak tampil di laga pertama Piala AFC 2018 kontra Johor Darul Ta'zim, seperti Ismed Sofyan, Marko Simic, dan Ramdani Lestaluhu, akan siap untuk tampil di pertandingan penting ini. Posisi lini depan pun akan kembali menjadi milik Marko Simic yang sejauh ini sudah mengoleksi sembilan gol sepanjang Piala Presiden 2018 berlangsung.

Namun, tak menutup kemungkinan Teco akan memainkan Addison Alves yang baru saja bergabung dalam beberapa hari terakhir dengan Persija. Meski belum beradaptasi dengan baik, pemain kelahiran Brasil dan kewarganegaraan Spanyol itu sudah pernah membuktikan kualitas ketika masih berseragam Persipura.

"Addison baru saja bergabung dan dia membutuhkan waktu berlatih dengan para pemain. Ia masih butuh adaptasi tapi jangan ragukan kualitasnya. Saat di Persipura ia mampu mencetak 15 gol. Apa lagi yang perlu dibuktikan?" ujar Teco.

Permainan menyerang dengan pola 4-3-3 akan kembali menjadi andalan Persija. Marko Simic di depan dibantu oleh Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak dari sisi sayap. Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, dan Rohit Chand akan mengalirkan bola dari lini tengah kepada tiga rekannya di depan.

Road to Final Piala Presiden 2018_Persija Jakarta (Bola.com/Adreanus Titus)

Namun, Persija tetap akan mewaspadai lini depan Bali United. Lini belakang pun akan diperkuat dengan pilihan-pilihan utama, mulai dari Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva, Maman Abdurrahman, dan Rezaldi Hehanussa, akan bahu membahu membantu Andritany Ardhiyasa menjaga gawang Persija dari serangan Ilija Spasojevic dkk.

"Bali United tim yang bagus. Mereka hampir menjadi juara liga pada musim lalu. Piala Presiden pun mereka tetap bagus. Kita sudah di final. Persija harus bekerja keras untuk bisa menjadi juara karena lawan pun memiliki kualitas," ujar Teco.

2 dari 5 halaman

Laga Istimewa bagi Bali United

Laga final Piala Presiden 2018 tak hanya menjadi momen yang sangat dinantikan oleh Persija Jakarta yang berharap bisa menjadi juara setelah hampir 17 tahun tak mengangkat gelar juara di sebuah kompetisi atau turnamen resmi. Bali United pun mengungkapkan laga final ini menjadi sangat spesial bagi mereka yang baru saja berulang tahun ketiga pada Jumat (15/2/2018).

Baru genap berusia tiga tahun membuat laga final Piala Presiden 2018 menjadi sebuah momen yang istimewa bagi semua elemen Bali United. Berulang kali pelatih Bali United di Piala Presiden 2018, Hans Peter Schaller, menegaskan laga final ini akan menjadi sangat istimewa terutama jika Bali United berhasil menjadi juara.

"Kami senang bisa berada di sini, di Jakarta untuk menghadapi Persija. Perjalanan panjang yang kami jalani hingga final merupakan kerja keras semua pemain di dalam tim ini. Laga ini merupakan laga di hari yang besar. Persija tim kuat, mereka pun sulit kami kalahkan ketika di Bali. Kami akan menjalankan laga yang sulit tapi siap untuk membawa trofi juara ke Bali," ujar Hans Peter Schaller.

Bermain di depan puluhan ribu The Jakmania yang akan memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, tentu menjadi sebuah tekanan yang luar biasa bagi para pemain Bali United. Namun, lagi-lagi Hans Peter Schaller menegaskan momen yang istimewa akan membuat Bali United akan bekerja keras dan melepaskan diri dari tekanan untuk menjadi juara.

"Tekanan dari suporter bagi kami sudah biasa. Suporter lawan akan selalu memberikan tekanan tinggi. Kami sudah mengalaminya saat bertandang ke Palembang. Ini adalah laga final dan itu istimewa bagi kami di Bali United. Kami akan bekerja keras. Laga ini menjadi laga yang besar dan akan menjadi istimewa," ujar pelatih asal Austria itu.

Bicara soal pemain-pemain yang akan ditampilkan dalam laga final ini, Hans Peter Schaller, menekankan semua pemain dalam kondisi siap kecuali Irfan Bachdim yang masih dalam kondisi cedera pergelangan kaki sejak awal turnamen.

Meski sudah bisa berlatih ringan, pelatih Bali United itu merasa kondisi pemain yang pernah merumput di Liga Jepang itu belum siap untuk tampil.

"Hanya Irfan Bachdim yang masih dalam kondisi cedera. Ia sudah dalam kondisi yang lebih baik dan sudah bisa berlatih. Namun, dalam laga ini belum bisa diturunkan," ujarnya.

Ilija Spasojevic akan kembali menjadi andalan di lini depan seorang diri. Sementara itu di lini kedua akan ada Nick van der Velden, Stefano Lilipaly, dan Yabes Roni yang akan membantu.

Road to Final Piala Presiden 2018_Madura United (Bola.com/Adreanus Titus)

Fadhil Sausu dan Muhammad Taufiq akan menjadi jangkar sekaligus membantu lini pertahanan yang akan dikawal oleh Demerson Bruno Costa, Ahn Byung-keon, Dias Angga, dan Ricky Fajrin.

Wawan Hendrawan pun diperkirakan bakal menjadi pilihan di bawah msitar gawang Bali United mengingat performa yang luar biasa sepanjang Piala Presiden 2018 berlangsung.

"Kami sangat siap untuk laga final ini. Persija tim bagus, mereka solid dan kompak. Kami akan fokus dari menit awal hingga akhir serta bekerja keras untuk meraih hasil terbaik. Kami memohon doa dari masyarakat Bali agar bisa meraih hasil maksimal," tegas Taufiq.

3 dari 5 halaman

Komposisi Pemain Persija

4 dari 5 halaman

Komposisi Pemain Bali United

5 dari 5 halaman

Live Streaming Persija Vs Bali United

Pembaca Bola.com bisa menyaksikan pertandingan final Piala Presiden 2018 antara Persija Jakarta Vs Bali United di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (17/2/2018) secara live streaming mulai pukul 19.30 WIB di video di bawah ini:

Video Populer

Foto Populer