Sukses


Prediksi Persiba Vs Sriwijaya FC: Memanfaatkan Keletihan Tamu

Bola.com, Balikpapan - Di atas kertas duel Persiba Balikpapan versus Sriwijaya FC di laga pertama penyisihan Grup B Piala Gubernur Kaltim II 2018, Sabtu (24/2/2018), terlihat tidak berimbang. Meski Persiba pernah lama menghuni kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air, musim lalu klub berjulukan Beruang Madu ini terdegradasi ke Liga 2 2018.

Sementara lawan pada laga yang dimainkan di Stadion Batakan, Balikpapan ini, Sriwijaya FC, terkesan jorjoran dalam belanja pemain jelang Liga 1 2018. Tim tamu bahkan datang dengan modal menduduki peringkat ketiga Piala Presiden 2018.

Kendati unggul dari sisi materi pemain, pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, enggan memandang rendah Persiba Balikpapan. Pelatih yang akrab disapa RD itu menilai keunggulan yang dimiliki tim asuhannya tidak menjadi jaminan bisa memenangi pertandingan dengan gampang.

Hal itu ada benarnya lantaran kubu Persiba Balikpapan mengaku tidak silau dengan nama besar Sriwijaya FC. "Memang harus diakui materi pemain SFC lebih baik, banyak pemain bintang, yang berkualitas dan pernah di timnas. Tapi, di turnamen mana pun, tim yang tidak diunggulkan justru punya motivasi lebih tinggi. Kami tidak akan menyerah apalagi nanti suporter pasti akan mendukung kami," ujar Wanderley Junior, pelatih Persiba Balikpapan.

Di sisi lain, Wanderley enggan terlalu memikirkan tim asuhannya yang belakangan banyak ditinggal pemain. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu lebih fokus mempersiapkan timnya guna memenuhi target lolos kembali ke Liga 1.

"Saya enggan berbicara mengenai hal yang sudah terjadi. Lebih baik kami fokus dengan pemain yang ada sekarang. Saya ingin tim ini dalam kondisi yang positif dan tidak perlu melihat ke belakang lagi," imbuhnya.

 

2 dari 2 halaman

Kans Tuan Rumah

Persiba Balikpapan memang tetap punya kans memenangi laga ini. Satu di antara alasannya, Sriwijaya FC datang ke Balikpapan dengan kondisi kelelahan setelah menjalani Piala Presiden 2018.

Sebagai solusi atas kelelahan yang mendera, RD berencana melakukan rotasi. Rotasi juga dimaksudkan sang pelatih untuk melihat kedalaman skuatnya. Praktis, tim tuan rumah bisa memanfaatkan kondisi ini.

"Persiba tidak bisa diremehkan, apalagi mereka akan bermain di depan pendukung sendiri dan unggul dari sisi kebugaran. Namun, saya juga akan lebih memilih fokus ke tim sendiri. Kemungkinan rotasi akan kami terapkan demi memberikan menit bermain untuk pemain yang belum banyak mendapat kesempatan di turnamen Piala Presiden lalu," ujar RD.

Pelatih asal Lampung ini menegaskan laga perdana di sebuah turnamen manapun tidak akan mudah. "Ini turnamen yang penting dan ideal. Kami akan bermain di kandang lawan, pemain Sriwijaya FC pasti mendapat tekanan. Ini situasi yang memang saya inginkan karena di kompetisi nanti pasti kondisinya tidak akan jauh berbeda," jelasnya.

Prakiraan susunan pemain

SFC (4-2-3-1): Sandi Firmansyah (kiper); Novan Sasongko, Achmad Faris, Bio Paulin, Zalnando (belakang); Ichsan Kurniawan, Yu Hyun Koo, Makan Konate, Esteban Viscarra, Nur Iskandar (tengah); Alberto Goncalves (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persiba Balikpapan (4-4-2): Fajar Setya (kiper), Kasim Slamat, Fathul Rachman, Sigit Meiko, Heri Susilo (belakang); Bryan Caesar, Yus Arfandi, Siswanto, Sandi Septian (tengah); Frengky Tornado, Dimas Galih (depan)

Pelatih: Wanderley Junior

Video Populer

Foto Populer