Sukses


Pemain Madura United Jadi Penerjemah, Milomir Seslija: Mereka Mau Naik Gaji

Bola.com, Bangkalan - Sejak tiba sebagai pelatih anyar di Madura United, Milomir Seslija masih belum penerjemah. Padahal, pria asal Bosnia-Herzegovina itu belum lancar berbahasa Indonesia. 

Lantas, bagaimana cara pelatih yang akrab disapa Milo itu berkomunikasi dengan para pemainnya? Rupanya selama ini, Milo sudah dibantu oleh dua pemain naturalisasi Madura United, Greg Nwokolo dan Raphael Maitimo. 

“Ya, saya sebenarnya butuh penerjemah. Tapi, selama ini sudah dibantu oleh Greg dan Maitimo. Saya memiliki pemain yang ingin naik gaji karena saya membutuhkan penerjemah di lapangan,” canda Milo usai latihan tim di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (7/3/2018).

Pelatih 53 tahun itu paham bahwa Greg dan Maitimo tidak benar-benar serius ingin naik gaji dengan tambahan tugas di luar lapangan untuk sementara waktu. Justru itu dianggapnya sebagai salah satu cara untuk menjalin kedekatan. 

“Mereka hanya bercanda. Saya senang mereka bisa bercanda seperti itu. Selama ini, mereka bantu menerjemahkan, siapa tahu mereka bisa belajar dari situ,” imbuh eks pelatih Arema dan Persiba Balikpapan itu. 

Sebenarnya, komunikasi yang dilakukan oleh Milo dengan para penggawa Madura United belum menemui kendala sampai sejauh ini. Sebab, setidaknya ada delapan “pemain asing” dalam skuat Laskar Sape Kerrab saat ini. 

Empat di antaranya adalah pemain yang masuk slot pemain asing, yaitu Zah Rahan, Beto Antonio de Paula, Fabiano Beltrame, dan Nuriddin Davronov. Sedangkan empat pemain lainnya didaftarkan sebagai pemain lokal. 

Mereka adalah Greg Nwokolo, Cristian Gonzales, Raphael Maitimo, dan Onorionde Kughegbe John. Keempatnya kini telah dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. 

Namun, kendala akan muncul saat berinteraksi dengan beberapa pemain lokal. Sebab, tidak semua pemain Madura United bisa memahami bahasa Inggris.

Video Populer

Foto Populer