Sukses


Nilai Denda untuk Klub jika Kick-off Liga 1 Tertunda

Bola.com, Jakarta - Partisipan Liga 1 2018 harus semakin disiplin, termasuk waktu istirahat antarbabak saat Liga 1 2018 bergulir. PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator kompetisi menerapkan regulasi delayed kick-off yang sudah diterapkan di kompetisi AFC. Nilai sanksi sudah ditentukan, yakni denda Rp50 juta jika melanggar.

Topik delayed kick-off tercatat dalam regulasi Liga 1 2018 pasal 10 mengenai durasi pertandingan. Regulasi ini merupakan pembaruan terhadap peraturan yang sebelumnya tidak benar-benar memerhatikan aspek lama pertandingan. Hal itu berkaitan dengan saat jeda antarbabak dalam sebuah pertandingan.

"Pihak yang mengakibatkan keterlambatan pada dimulainya Pertandingan (delayed kick-off) akan dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp50 juta, yang disebabkan karena kelalaian Klub. LIB memiliki diskresi menentukan pihak yang bertanggung jawab atas keterlambatan tersebut setelah memertimbangkan fakta-fakta yang ada," bunyi pasal 10 ayat 3 regulasi Liga 1 2018 tentang durasi pertandingan.

Penjelasan Kick-off tertunda yang dimaksud mengarah kepada waktu dimulainya babak kedua pertandingan Liga 1 2018. Menurut Chief Operating Officer PT LIB, Tigorshalom Boboy, banyak klub di Indonesia yang tidak mengetahui persis arti dari istirahat 15 menit yang diberikan dalam jeda antarbabak.

"Waktu 15 menit itu dihitung sejak peluit babak pertama berakhir hingga peluit tanda babak kedua dimulai. Artinya setiap klub sebenarnya hanya punya waktu sekitar 10 menit di dalam ruang ganti. Ketika perangkat pertandingan akan memasuki lapangan, itu tandanya waktu kedua tim yang bertanding kembali ke lapangan," ujar Tigorshalom Boboy, dalam workshop yang digelar di Kantor PT LIB, Sabtu (10/3/2018) siang.

"Regulasi ini sudah diterapkan di level AFC. Jadi jika perangkat pertandingan sudah siap kembali memulai pertandingan dan satu atau kedua tim belum kembali ke lapangan atau bersiap menjalani babak kedua dan menyebabkan kick-off babak kedua tertunda, sanksi akan diberikan," jelas Tigor.

Jika melihat jenis pelanggarannya, harus diakui banyak tim di Indonesia yang selama ini tidak menaruh perhatian besar terhadap masalah durasi pertandingan. Denda Rp50 juta kepada klub Liga 1 2018 yang melanggar diharapkan bisa membantu sepak bola Indonesia memenuhi standar pertandingan FIFA.

Video Populer

Foto Populer