Cara Osvaldo Haay Hadapi Persaingan Ketat di Sektor Sayap Timnas Indonesia

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 12 Mar 2018, 06:15 WIB
Timnas Indonesia U-23 Vs Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Jakarta - Sejak mendapat panggilan memperkuat Timnas Indonesia U-22 yang berlaga di SEA Games 2017, pemain sayap asal Papua, Osvaldo Haay, selalu bekerja keras untuk bisa mempertahankan tempatnya di antara sejumlah pemain sayap berkualitas yang dimiliki Tim Garuda Muda. 

Pemain bernama lengkap Osvaldo Ardiles Haay itu menjadi pemain yang sering mendapatkan panggilan dari pelatih asal Spanyol itu bersama Yabes Roni, Febri Hariyadi, dan Saddil Ramdani.

Pemain yang mulai mendapatkan debut profesional bersama Persipura pada 2016 itu mengaku persaingan di sisi sayap Timnas Indonesia U-23 membuatnya sangat termotivasi.

Menurutnya, persaingan sehat bersama pemain sayap berkualitas lainnya membuat ia mampu mengasah kemampuannya secara terus menerus.

"Satu hal yang memotivasi saya di Timnas Indonesia memang persaingan. Saya adalah orang yang selalu ingin bersaing. Namun, saya selalu bersaing dengan cara yang sehat. Saya harus berlatih lebih baik dan bekerja keras untuk menjadi pemain yang lebih baik," ujar Osvaldo Haay kepada Bola.com.

Namun, persaingan tersebut tak membuat Osvaldo Haay dan para pemain sayap lainnya memiliki jarak. Justru pemain berusia 19 tahun itu merasa sangat dekat dengan para pesaingnya itu ketika berada di luar lapangan hijau.

"Ketika berada di luar lapangan, kami justru seperti saudara. Kami saling merangkul dan sering jalan-jalan bersama. Namun, ketika kembali ke lapangan, kami harus bersaing lagi secara sehat," tegas Osvaldo Haay.