Pelatih Persija Ungkap Alasan Perpindahan Posisi Riko

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 15 Mar 2018, 18:30 WIB
Diperbarui 15 Mar 2018, 18:30 WIB
Riko Simanjuntak, Persija Jakarta
Riko Simanjuntak menjadi pemain Persija Jakarta yang paling sibuk saat melawan Song Lam Nghe An. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Jakarta Penamipilan Riko Simanjuntak paling menonjol saat Persija Jakarta bertemu Song Lam Nghe An pada matchday keempat Grup H AFC Cup 2018. Pemain ini selalu beroperasi di sisi sayap serangan.

Melawan Song Lam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (14/3/2018), awalnya pelatih Persija, Stefano 'Teco' Cugurra menempatkan Riko di sisi kanan. Berulang kali Riko menunjukkan kelebihannya dalam hal kecepatan dan mengecoh lawan.

Namun, perlahan alur serangan Persija menjadi terfokus pada Riko. Saat pemain Persija menguasai bola, hampir pasti mereka akan mengirimnya kepada mantan pemain Semen Padang FC itu yang sudah menunggu di sisi kiri pertahanan Song Lam.

Teco pun sempat menginstruksikan agar Riko berpindah ke posisi menjadi sisi sayap kiri serangan Persija. Dan polanya masih tak berubah, alur bola masih lebih sering mengarah ke pemain berusia 26 tahun tersebut.

"Riko pemain yang punya skill dalam dribbling. Saat tim lawan seperti punya 10 pemain di belakang, Riko punya skill untuk penetrasi. Lalu saya melihat tim lawan mencoba menutupnya dengan tiga pemain," ungkap Teco menjelaskan.

 

2 dari 3 halaman

Pertama Kali Kebobolan

Persija Jakarta, Song Lam Nghe An FC, Piala AFC 2018
Aksi Riko Simanjuntak menghindari adangan pemain Song Lam Nghe An FC pada laga Piala AFC 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, (13/3/2018). Persija Jakarta menang 1-0. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

"Saya (menginstruksikan) pindah setelah melihat bek kanan Song Lam kelelahan. Itu terlihat jelas karena posisinya dengan dekat saya. Lalu saya pindahkan Riko ke kiri untuk melakukan penetrasi. Ia juga bisa kombinasi dengan Bule (Rezaldi Hehanusa) di kiri," Teco menambahkan.

Pada akhirnya, keputusan Teco soal tugas Riko terbilang jitu. Para pemain belakang Song Lam kelelahan di menit-menit terakhir hingga kehilangan konsentrasi. Mereka pun gagal mengantisipasi umpan jauh Rezaldi yang berbuah gol Addison Alves di menit ke-90+3.

Dengan hasil itu, Persija menjadi tim pertama yang mampu menjebol gawang Song Lam di Grup H AFC Cup 2018. "Seperti yang saya bilang, Song Lam punya organisasi bertahan yang bagus. Ini pertama kali mereka kebobolan. Tapi untungnya kami menang dan memiliki poin yang sama," tegas Teco.

3 dari 3 halaman

Klasemen Persija di AFC Cup

Posisi-Tim-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1 Song Lam Nghe An 4 2 1 1 4-1 7

2 Persija Jakarta 4 2 1 1 5-4 7

3 Johor Darul Ta'zim 4 2 1 1 5-3 7

4 Tampines Rovers 4 0 1 3 2 2-8 1

 

Sumber: www.liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓