Sukses


Alasan Jacksen Tiago Sebut Persipura Tim Terbaik di Indonesia

Bola.com, Lamongan - Jacksen F. Tiago punya kenangan manis saat masih membesut Persipura Jayapura pada 2008-2014. Dia menjadi pelatih asing tersukses di Indonesia dengan mempersembahkan tiga gelar Indonesia Super League (ISL) untuk klub berjulukan Tim Mutiara Hitam itu.

Masing-masing gelar itu didapatnya pada musim 2008/2009, 2010/2011, dan 2013. Ditambah lagi, Jacksen selalu membawa Persipura menduduki posisi runner-up saat tidak menduduki puncak klasemen akhir. Itu terjadi pada musim 2009/2010, 2011/2012, dan 2014.

Namun, itu sudah jadi cerita lama. Pelatih asal Brasil itu telah menjadi pelatih klub Liga 1 lain, Barito Putera, sejak musim 2017. Sayangnya, Jacksen punya rekor kurang apik bersama Barito saat bertemu dengan Persipura.

Tidak ada kemenangan yang diraih Jacksen atas Persipura selama Liga 1 musim lalu. Dalam dua laga, Tim Laskar Antasari harus puas dengan hasil imbang 1-1 dan tumbang 1-3 dari Persipura.

Terbaru, lagi-lagi Jacksen gagal mengalahkan Boaz Solossa dkk. Laskar Antasari ditekuk dengan skor 1-3 dalam laga pamungkas Jakajaya Friendly Game di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (14/3/2018).

“Saya tahu Persipura Jayapura banyak ditinggal oleh para pemainnya awal musim ini. Tapi, mereka sudah punya banyak pemain muda bagus di skuat saat ini. Saya pikir, Persipura adalah tim terbaik di Indonesia sampai sekarang,” ungkap pelatih 49 tahun itu.

 

 

2 dari 2 halaman

Pondasi Tim yang Bagus

Ada beberapa faktor yang melatarbelakanginya berpendapat demikian. Menurut Jacksen, Persipura selalu berhasil  melakukan pembinaan pemain muda. Buktinya, Tim Mutiara Hitam U-19 mereka mampu menjuarai Liga 1 U-19 musim lalu. 

“Selain itu, mereka sangat percaya diri dan punya mental tangguh. Prestasi mereka di masa lalu sangat berguna untuk membangun kepercayaan diri. Mereka juga beberapa kali tampil di AFC Cup yang semakin mengukuhkan keyakinan itu,” ujar Jacksen

Enam musim berada di Persipura bukanlah waktu yang sebentar untuk seorang pelatih. Apalagi, Jacksen bisa membawa klub yang berdiri pada 1963 itu selalu finis di papan atas klasemen akhir.

Jacksen sangat paham karakter yang dimiliki oleh Persipura. Pondasi kuat sudah sangat mengakar dalam skuat Persipura. Di bawah kepelatihan Angel Alfredo Vera, mereka mampu meraih gelara juara Torabika Soccer Championship 2016.

Anomali hanya terjadi pada musim lalu dengan finis di peringkat enam dengan 60 poin. Sedangkan Jacksen membawa Barito finis satu peringkat di bawahnya dengan 53 angka.

  

 

Video Populer

Foto Populer