Sukses


3 Penyebab Pemain Inggris Tak Cocok di Klub Indonesia

Bola.com, Jakarta - Tidak banyak pemain asal Inggris yang mau merumput di Indonesia. Pada musim ini, hanya satu pemain asal Inggris di klub Liga 1, yakni Danny Guthrie yang membela Mitra Kukar.

Pelatih Persipura asal Inggris, Peter Butler, memiliki pandangan soal penyebab mengapa pemain berkebangsaan Inggris kerap tak cocok dengan klub Indonesia.

Hal pertama yang disorot oleh Peter Butler adalah kondisi finansial klub Indonesia memang kurang cocok dengan pemain Inggris. Gaji mereka cukup mahal, jadi Indonesia memang bukan negara yang cocok bagi pemain Inggris untuk mencari uang.

Yang kedua, menurut Peter, biasanya orang Inggris malas belajar selain bahasa ibu mereka. Akan jadi perjudian besar jika ada pemain Inggris mau bermain untuk klub Indonesia.

"Kalau pun ternyata ada (pemain Inggris di Indonesia), dia pasti punya alasan unik," ungkap Peter Butler dalam sesi wawancara dengan Bola.com di Surabaya.

Sebelum era Carlton Cole dan Danny Guthrie, ada Hendrie Lee, pemain yang gabung Bandung FC di Liga Primer Indonesia. Ada juga mantan pemain Everton, Marcus Bent yang pernah membela Mitra Kukar. 

Bagaimana dengan Carlton Cole dan Danny Guthrie? "Saya sebenarnya tidak kenal secara langsung dengan mereka. Kami berasal dari kota yang berbeda. Cole dari London, lalu Guthrie dari Newcastle, sedangkan saya dari Yorkshire," katanya.

2 dari 2 halaman

Doakan Danny Guthrie

Menurut Peter, ada kesalahan fatal yang terjadi saat Persib mendatangkan Carlton Cole. Inilah yang ia sebut sebagai faktor ketiga penyebab pemain Inggris tak cocok di Indonesia, yakni faktor nonteknis.

"Saya cukup mengamati kabar terbaru mereka. Cole saya lihat telah melakukan kesalahan fatal musim lalu. Dia bergabung dengan Persib dan gagal bersinar. Selama di Inggris, dia menjalani musim yang cukup bagus dengan mencetak beberapa gol," katanya.

Peter tidak menyangka pemain sekelas Cole gagal bersinar di Indonesia. Tapi, ia menilai masalah nonteknis menjadi penyebabnya.

"Akan jadi aneh jika dia malah meredup di Indonesia. Saya tidak tahu masalahnya apa, tapi musim lalu setahu saya dia memang tidak menuntaskan kompetisi bersama Persib. Menurut saya itu jelas telah membunuh karier sepak bola yang dimilikinya," imbuhnya.

Soal Guthrie, Peter memang tidak terlalu paham perkembanganya. Tapi, status Guthrie sebagai satu-satunya pemain Inggris di Liga 1 musim ini membuat Butlet tertarik untuk mencari tahu. 

"Semoga nasib Cole tidak menimpa pada Guthrie. Sebagai sesama orang Inggris, tentu saja saya berdoa yang terbaik untuk mereka," tegas Peter Butler.

Video Populer

Foto Populer