Sukses


Jalani Kursus Lisensi C AFC, Asisten Pelatih Persela Bebas Stres

Bola.com, Batu - PSSI belakangan ini sedang gencar menggelar kursus kepelatihan. Tidak hanya di kawasan Jabodetabek, kursus juga digelar di berbagai kota di Indonesia. Satu di antara peserta kursus itu adalah asisten pelatih Persela Lamongan, Ragil Sudirman.

Ragil jadi peserta kursus C AFC yang digelar di Kota Wisata Batu. Kursus kali ini cukup berkesan buatnya. Ia mengaku tak jenuh meski kursus pelatih lisensi C AFC yang ia jalani sangat menguras tenaga dan pikiran.

Dalam sehari, Ragil bersama peserta kursus lainnya harus menerima materi di dalam kelas dua kali dengan durasi bervariasi. Mereka juga praktik di lapangan sebanyak dua kali. "Bisa dibayangkan lelahnya," ujar Ragil.

Meski lelah, Ragil tak merasa jenuh. Pasalnya, hampir dalam setiap kesempatan ia tak sendirian, ada teman-teman lamanya sewaktu masih aktif bermain bola semacam Muharom Rusdiana, Seger Sutrisno, Yongki Kastanya, Totok Anjik (mantan pemain Persebaya), hingga Inyong Lolongbulan (eks Arseto Solo), sehingga Ragil memiliki teman bicara maupun bercanda selepas jam kursus.

"Banyak bercandanya kalau selesai kursus. Apalagi ada Seger yang konyol. Tiap saat bikin semua orang tertawa," kata Ragil.

Ragil mengaku sangat senang dengan suasana di kursus pelatih kali ini. Pasalnya, meski lelah namun tak sampai membuatnya tertekan. Sebab, banyak aksi-aksi lucu yang dilakukan teman-temannya semasa bermain itu.

"Tapi, semua itu tak mengurangi keseriusan kami dalam menimba ilmu dan pengalaman baru di dunia kepelatihan," tutur asisten pelatih Persela yang juga Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Lamongan ini.

Video Populer

Foto Populer