Sukses


Jumlah Gol Pekan Pertama Liga 1 2018 Lebih Sedikit ketimbang Musim Lalu

Bola.com, Kediri - Sembilan laga seru mengawali pekan pertama Liga 1 2018. Dari deretan pertandingan tersebut, belum ada tim paling dominan atau superior dibandingkan kontestan lainnya.

Lima klub, yakni PSM Makasar, Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, Bali United, dan Madura United mampu meraih poin absolut pada laga perdana di kandang masing-masing.

Namun, PSM dan Madura United yang mampu menang dengan selisih dua gol. Sisanya, tuan rumah seperti Bhayangkara FC, Arema FC, Borneo FC, dan Persib Bandung harus rela ditahan imbang tim tamu.

Duel Arema FC kontra Mitra Kukar (2-2) dan Persib versus PS Tira berlangsung dramatis karena gol penyeimbang tim tamu terjadi di menit akhir.

Jalannya pertandingan pekan pertama Liga 1 2018 ini tak lepas dari pengamatan pelatih kawakan, Hanafi.

"Pekan pertama belum banyak terjadi kejutan berarti. Saya lihat kekuatan tiap tim masih seimbang sehingga tak ada hasil akhir dengan selisih gol yang mencolok. Hasil awal ini wajar, karena semua klub dihantui ketegangan. Semua juga dalam proses pencarian jati diri dan penjajakan," tutur Hanafi.

Mantan arsitek Persegres Gresik United ini juga menyorot kinerja tiga tim promosi seperti Persebaya, PSIS Semarang, dan PSMS Medan, yang kualitasnya dinilai setara dengan tim lawan yang sudah lebih dulu berkiprah di Liga 1.

 

2 dari 2 halaman

Seret Gol

"Perbedaan akan mulai terlihat saat memasuki pekan kelima. Semua kontestan sudah sering melihat cara bermain tim-tim lain lewat tayangan langsung di televisi sehingga semua pelatih bisa tahu cara menghadapi lawan, atau bahkan mengalahkan dengan skor lebih besar," tutur Hanafi.

Para penari menari saat pembukaan Liga 1 Indonesia di SUGBK, Jakarta, Jumat (23/3/2018). Pada laga pembuka Bhayangkara FC tampil melawan Persija Jakarta. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Skor-skor akhir pekan pertama ini juga masih seret. Bahkan produktivitas total gol kalah jika dibandingkan musim 2017. Tahun lalu, pekan pertama Liga 1 terjadi 22 gol. Sementara di pekan pertama Liga 1 2018 kali ini total hanya ada 17 gol.

"Lini depan juga sangat kompetitif. Saya lihat ada beberapa klub yang mengontrak striker asing baru. Baik itu striker yang benar-benar baru datang ke Indonesia atau striker lama yang pindah ke klub lain. Proses transfer pemain juga berpengaruh pada kesuburan mereka Karena si pemain butuh adaptasi dengan rekan setim maupun cara bermain di klub baru tersebut," imbuh Hanafi.

Video Populer

Foto Populer