Sukses


3 Bintang Pekan Perdana Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Pekan perdana Liga 1 2018 telah rampung, 18 klub telah menjalani laga pertama mereka di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim ini. Sejumlah pemain memperlihatkan permainan cemerlang, baik dengan mencetak gol, membantu proses terciptanya gol, atau justru menggagalkan peluang tim lawan.

Sebanyak sembilan pertandingan di pekan pertama Liga 1 2018 telah rampung pada Senin (26/3/2018). Lima tim berhasil menyabet tiga poin penuh, sementara ada delapan tim harus puas hanya meraih satu poin karena bermain imbang di laga pertama mereka pada musim ini.

 

Kemenangan yang diraih oleh lima tim di pekan pertama Liga 1 2018 tak lepas dari permainan dan kerja sama apik di antara para pemain. Namun, permainan terbaik juga diperlihatkan pemain dalam menyelamatkan timnya dari kekalahan dan berakhir dengan hasil imbang.

Bicara soal pemain terbaik, mayoritas pasti setuju jika pemain itu mampu memberikan kontribusi besar untuk membawa timnya meraih kemenangan.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi pemain yang mampu membawa timnya bangkit dari ketinggalan dan juga membantu timnya keluar dari tekanan tim yang lebih mendominasi.

Kriteria-kriteria tersebut yang digunakan oleh Bola.com untuk memilih tiga pemain terbaik pekan perdana Liga 1 2018. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Awan Setho

Kiper Bhayangkara FC, Awan Setho, merupakan pemain yang tampil sangat cemerlang di pertandingan pembuka Liga 1 2018. Kiper muda yang juga dipercaya masuk dalam Timnas Indonesia U-23 itu bermain baik menahan gempuran serangan yang dibangun pemain-pemain Persija Jakarta dalam laga tersebut.

Baru kembali dari Timnas Indonesia U-23, di mana Awan Setho mencetak cleansheet saat Tim Garuda Muda menang 3-0 atas Singapura, permainan apik tersebut juga kembali terlihat di laga pembuka Liga 1 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Persija tercatat melepaskan 13 tembakan dengan lima di antaranya tepat ke arah gawang Bhayangkara FC yang dikawal Awan Setho.

Namun, kiper asal Semarang ini mampu memperlihatkan penyelamatan luar biasa. Tiga tembakan dilepaskan oleh Marko Simic dan satu tembakan Addison Alves mampu dihalaunya dengan baik.

Bhayangkara FC pun berhasil menyabet satu poin di pertandingan pertama Liga 1 2018 berkat kecemerlangan sang kiper muda yang baru saja genap berusia 21 tahun pada 20 Maret silam.

3 dari 4 halaman

Fernando Rodriguez Ortega

Jika ada pemain yang mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan pada pekan perdana Liga 1 2018, ia adalah striker Mitra Kukar asal Spanyol, Fernando Rodriguez Ortega. Pemain yang pernah merumput bersama Sevilla itu menjadi penyelamat Mitra Kukar yang sudah lebih dulu tertinggal 0-2 dari Arema FC di laga pertama mereka.

Bermain di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (24/3/2018), Arema FC mampu memperlihatkan dominasi yang luar biasa dengan dukungan penuh dari Aremania yang memadati stadion. Dalam kurun waktu 20 menit, Arema mampu unggul dua gol melalui dua tendangan bebas yang dilepaskan Balsa Bozovic dan Syaiful Indra Cahya.

Namun, kemenangan di depan mata Arema kandas berkat kecemerlangan Fernando Rodriguez Ortega ketika pertandingan memasuki masa-masa krusial. Pemain berusia 30 tahun itu berhasil mencetak dua gol pada menit ke-81 dan 88'.

Dua gol yang dicetak Fernando Rodriguez Ortega pun membuat Mitra Kukar berhasil pulang dengan membawa poin sekaligus memukul tim tuan rumah yang sudah siap berpesta dengan tiga poin di laga perdana mereka.

Kecemerlangan Fernando Rodriguez dalam memaksimalkan dua peluang di menit-menit akhir itu layak membuatnya menjadi satu di antara tiga pemain terbaik di pekan pertama Liga 1 2018.

 

4 dari 4 halaman

Wiljan Pluim

Playmaker PSM Makassar asal Belanda, Wiljan Pluim, merupakan satu lagi pemain yang layak menyandang status pemain terbaik di pekan pertama Liga 1 2018. Wiljan Pluim berhasil berkontribusi besar bagi keberhasilan tim berjulukan Juku Eja itu mengalahkan PSIS Semarang di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, Minggu (25/3/2018).

Pemain berusia 29 tahun itu berhasil membuka kemenangan PSM dengan gol yang dicetaknya ke gawang PSIS usai mendapatkan umpan dari Muhammad Arfan. Gol tersebut menjadi pelecut semangat tim tuan rumah untuk bisa meraih tiga poin di laga perdana mereka.

Tak sampai di situ saja kontribusi Wiljan Pluim membawa PSM Makassar meraih kemenangan. Setelah satu gol dicetaknya, Wiljan Pluim, berhasil mencetak assist untuk gol kedua PSM yang dicetak oleh Rizky Pellu. Umpan terobosan yang dilepaskan Pluim berhasil berbuah gol setelah Rizky Pelu menahan bola tanpa kawalan di depan gawang PSIS.

PSM Makassar pun menyudahi pertandingan dengan kemenangan 2-0 dan sempat berada di puncak klasemen Liga 1 2018 sebelum digeser oleh Madura United yang menang 3-1 atas Barito Putera.

Video Populer

Foto Populer