3 Tim Debutan di Piala Asia 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 29 Mar 2018, 07:30 WIB
Piala Asia 2019

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 24 tim sudah memastikan diri lolos ke Piala Asia 2019 yang akan digelar di Uni Emirat Arab pada 5 Januari hingga 1 Februari 2019. Dari 24 tim yang sudah lolos sebagai peserta, ada tiga tim yang berstatus sebagai tim debutan.

Korea Selatan, Filipina, dan Yaman, merupakan tiga tim terakhir yang memastikan diri lolos ke putaran final. Korea Selatan menjadi runner-up Grup B kualifikasi babak ketiga Piala Asia 2019, sementara Filipina dan Yaman menjadi juara dan runner-up Grup F kualifikasi babak ketiga Piala Asia 2019.

Dengan kepatian tiga tim terakhir itu lolos ke putaran final turnamen sepak bola Asia itu, lengkap sudah 24 tim yang akan berpartisipasi di Piala Asia 2019. Dari tim langganan hingga tim debutan pun akan bersaing di Uni Emirat Arab pada awal tahun depan.

Ada Korea Selatan dan Iran yang tercatat paling banyak tampil di Piala Asia, di mana turnamen tahun depan akan menjadi edisi ke-14 kalinya bagi kedua tim itu. Selain itu juga ada China dan Arab Saudi yang akan tampil dalam turnamen Piala Asia ke-12 dan 10 kali sepanjang keikutsertaan mereka.

Namun, Piala Asia edisi ke-17 ini juga akan diikuti oleh tim-tim berstatus debutan. Ada tiga tim yang untuk pertama kalinya akan tampil di turnamen sepak bola antarnegara Asia itu, yaitu Kyrgyzstan, Filipina, dan Yaman.

Bola.com mengulas langkah ketiga tim debutan itu hingga akhirnya bisa memastikan diri tampil di putaran final Piala Asia 2019.

2 of 4

Kyrgyzstan

Timnas Kyrgyzstan debutan di Piala Asia 2019.
Timnas Kyrgyzstan berhasil memastikan diri lolos untuk pertama kalinya ke Piala Asia 2019. (the-AFC.com)

Timnas Kyrgyzstan pantas mendapatkan satu tempat di putaran final Piala Asia karena memperlihatkan performa yang luar biasa sejak pertandingan keempat di kualifikasi babak ketiga Grup A Piala Asia 2019.

Mereka membuka perjalanan dengan kemenangan 1-0 di laga kandang kontra Makau. Namun, di laga kedua mereka harus kalah dengan skor tipis 0-1 saat menghadapi India di Bangalore. Hasil imbang 2-2 dengan Myanmar di Yangon menjadi hasil negatif terakhir sebelum tim asuhan Aleksandr Krestinin tampil lebih baik di laga keempat hingga keenam.

Kyrgyzstan menang tipis 4-3 di kandang Makau sebelum menang 5-1 atas Myanmar di Korea Selatan dan mengakhiri kampanye kualifikasi dengan menang tipis 2-1 atas India.

Keberhasilan Kyrgyzstan untuk pertama kalinya lolos ke Piala Asia 2019 memberikan pesan serius kepada tim-tim lain di turnamen tersebut. Kyrgyzstan membuktikan mereka memiliki kualitas yang bagus dan siap mengancam tim-tim lawan meski berstatus debutan.

 

3 of 4

Filipina

Timnas Filipina debutan di Piala Asia 2019.
Timnas Filipina berhasil memastikan diri lolos untuk pertama kalinya ke Piala Asia 2019. (the-AFC.com)

Timnas Filipina menjadi satu dari tiga wakil Asia Tenggara yang akan tampil di Piala Asia 2019. Berbeda dengan Thailand dan Vietnam yang kali ini menjadi edisi ketujuh dan keempat dalam keikutsertaan mereka di Piala Asia, Timnas Filipina untuk pertama kalinya menjadi perwakilan sepak bola Asia Tenggara di Piala Asia.

Sejak awal Filipina menjadi sebuah tim dengan misi khusus ingin menghapus sakit hati mereka ketika empat tahun silam gagal melaju ke Piala Asia 2015 di Australia. Tekad kuat itu berdampak positif bagi perjalanan Filipina yang tidak menelan kekalahan di kualifikasi babak ketiga Piala Asia 2019.

Filipina berhasil mengawali kampanye mereka di Grup F dengan kemenangan 4-1 atas Nepal di Manila. Saat itu Phil Younghusband membantu The Azkals menang dengan dua gol yang dicetaknya.

Hasil positif di laga pertama itu berdampak positif di laga kedua. Bertandang ke Suriah, Filipina berhasil menang 4-3 atas Tajikistan sebelum akhirnya bermain imbang 2-2 dengan Yaman di pertandingan ketiga.

Yaman menjadi satu-satunya tim yang tidak bisa dikalahkan oleh Filipina di Grup F. Dalam laga keempat Yaman kembali bermain imbang 1-1 dengan Filipina.

Setelah bermain imbang tanpa gol dengan Nepal pada laga kelima, Filipina memastikan diri lolos sebagai juara grup setelah menang 2-1 atas Tajikistan di laga pamungkas Grup F dengan 12 poin dari enam laga yang mereka mainkan.

 

4 of 4

Yaman

Timnas Yaman debutan di Piala Asia 2019.
Timnas Yaman berhasil memastikan diri lolos untuk pertama kalinya ke Piala Asia 2019. (the-AFC.com)

Yaman mungkin menjadi tim yang cukup berat menjalani kampanye menuju putaran final Piala Asia 2019. Berusaha bisa lolos ke Piala Asia untuk pertama kali dalam sejarah sepak bola mereka, Yaman harus memainkan laga kandang mereka di tempat yang netral.

Meski pada akhirnya berhasil lolos dengan catatan tanpa terkalahkan di Grup F babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2019, Yaman menjalani kampanye yang tidak mudah.

Yaman memulai perjalanan mereka dengan menggelar pertandingan kandang menghadapi Tajikistan yang digelar di Doha, Qatar. Yaman menang 2-1 dalam laga pertama itu sebelum mendapatkan hasil imbang dalam dua laga berikutnya, yaitu 0-0 dengan Nepal dan 2-2 dengan Filipina.

Hasil imbang di dua laga tersebut berlanjut di laga keempat dan kelima yang dijalani Yaman. Mereka bermain imbang 1-1 dengan Filipina dan 0-0 dengan Tajikistan sebelum akhirnya menang 2-1 atas Nepal.

Yaman lolos sebagai runner-up Grup F dengan 10 poin, dua poin di bawah Filipina, sesama tim debutan, yang lolos sebagai juara Grup F.

 

Lanjutkan Membaca ↓