Sukses


Begini Perjuangan Bonek Masuk ke Kandang Persela untuk Dukung Persebaya

Bola.com, Lamongan - Keputusan panpel tidak memberi kuota tiket kepada Bonek, suporter Persebaya Surabaya, saat laga kontra Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (30/3/2018), tidak berjalan lancar. Laga pekan kedua Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Surajaya tetap tetap dihadiri Bonek.

Bonek menempati tribune barat daya dan barat laut Stadion Surajaya. Spanduk berisikan tulisan dukungan semangat untuk Persebaya Surabaya terlihat di pagar depan tribune. Namun, tidak banyak dari mereka yang mengenakan pakaian berwarna hijau yang menjadi identitas kebesaran Bonek.

“Inilah yang kami bisa. Kami sangat ingin mendukung Persebaya. Awalnya, panpel tidak mau memberi tempat untuk kami. Tapi, kami semua sudah memegang tiket jadi diizinkan masuk,” kata Agus Bimbim Tessy, dirijen Bonek Tribun Kidul.

Berdasarkan pantauan Bola.com, sepanjang jalan Surabaya-Lamongan, beberapa kali melintas truk yang memuat Bonek justru ke arah kembali ke Surabaya beberapa jam sebelum pertandingan. Rupanya, mereka merupakan Bonek yang datang tanpa tiket.

“Yang tidak bertiket disuruh kembali oleh petugas keamanan. Ada beberapa pos yang memeriksa kami. Termasuk membawa atribut juga tadi begitu. Spanduk kami banyak yang disita. Akhirnya kami punya beberapa cara supaya tetap menyelundupkan spanduk ini tadi,” imbuh pria yang akrab disapa Tessy itu.

 

2 dari 2 halaman

Tiket Pertandingan

Tiket pertandingan antara dua tim Jawa Timur itu banyak diborong para calo, sehingga akhirnya ludes. Kebanyakan yang hadir di laga itu, baik Bonek maupun LA Mania, berharap masih bisa membeli tiket lewat calo.

Namun, harga yang ditawarkan cukup mahal dibanding harga asli. Seusai dengan harga yang dirilis oleh panpel, tiket ekonomi dibanderol dengan harga Rp 35 ribu, lalu tiket VIP Rp 60 ribu, dan VVIP dijual Rp 80 ribu.

Beberapa calo sempat menawari Bola.com tiket laga itu. Untuk tribune ekonomi cukup variatif, mulai Rp 65 ribu hingga Rp 75 ribu. Lalu, tiket VIP bahkan mencapai harga Rp 100 ribu. Sedangkan tiket VVIP tampaknya sudah ludes.

Kehadiran Bonek di Surabaya sebenarnya malah mendapat sambutan hangat dari LA Mania, suporter Persela. Begitu Bonek mulai menyanyikan lagu saat satu jam sebelum laga, LA Mania memberikan tepuk tangan yang meriah.

Lagu-lagu yang berisikan lirik perdamaian antar keduanya pun terus disenandungkan. Dengan sangat terbuka, LA Mania membalas usaha Bonek untuk menjadi suporter tamu yang baik.

Tidak ada konflik seperti yang ditakutkan oleh aparat keamanan. Suporter Persebaya Surabaya dan Persela Lamongan bersatu di tribune mendukung tim kebangaan masing-masing. Berbagai lagu juga kerap bersahutan di saat yang sama tanpa apa ada yang menyinggung.

Video Populer

Foto Populer