Sukses


16 Pemain Asia yang Mewarnai Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Sejak keran impor pemain asing Asia dibuka untuk kompetisi sepak bola profesional Indonesia, telah banyak legiuner yang keluar masuk klub-klub di Tanah Air.

Pada Gojek Liga 1 bersama Bukalapak kali ini ada 16 pemain asing asal Asia. Ada segelintir yang telah lama berkiprah di Indonesia, ada yang dua musim ini bertahan, dan beberapa pemain yang benar-benar pendatang baru.

Dari daftar pemain Asia yang betah dan paling lama berkarier di Indonesia adalah Yoo Jae-hoon (Mitra Kukar). Kemudian disusul Shohei Matsunaga (Persela), Rohit Chand, dan Yoo Hyun-koo (Sriwijaya FC).

Yoo Jae-hoon pertama kali datang ke Indonesia pada 2010 untuk jadi penjaga gawang Persipura Jayapura dengan durasi kontrak cukup lama. Kiper tangguh asal Korsel ini sempat hijrah ke Bali United Pusam FC selama semusim. Namun akhirnya Yoo Jae-hoon kembali ke pelukan Mutiara Hitam. Musim 2018, kiper jangkung ini berbaju Mitra Kukar.

Satu pemain Korsel lainnya yang kerasan tinggal di Indonesia adalah Yoo Hyun-koo. Gelandang berusia 33 tahun tipe sosok setia. Selama ini, Yoon-koo hanya bermain di Semen Padang dan Sriwijaya FC.

Berikutnya, Shohei Matsunaga. Dia tiba di Indonesia 2011 dan langsung bergabung dengan Persib. Selain Maung Bandung, gelandang serang asal Jepang itu juga sempat berbaju Persiba Balikpapan dan Gresik United.

Rohit Chand jadi sorotan kala bermain di Indonesia. Ini tak lepas dari negara asalnya, Nepal. Karena negeri tak memiliki prestasi sepak bola spektakuler, namun punya Rohit Chand dengan talenta bagus. PSPS Pekanbaru jadi pelabuhan pertama Rohit Chand pada 2012. Setelah itu, hingga kini dia loyal bersama Persija Jakarta.

Hanya dua kontestan Liga 1 yakni Persebaya dan Persipura yang tak memakai tenaga pemain Asia. Namun keduanya bisa saja berubah pikiran untuk memaksimalkan kuota pemain Asia hingga akhir penutupan pendaftaran pemain pada 5 April mendatang.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain Asia

1. Ahmed Atayev (Arema FC)

2. Aaron Evans (Barito Putera)

3. Shohei Matsunaga (Persela)

4. Yoo Jae-hoon (Mitra Kukar)

5. Yoo Hyun-koo (Sriwijaya FC)

6. Rohit Chand (Persija)

7. Azamat Baimatov (Pusamania Borneo FC)

8. Lee Yu Jun (Bhayangkara FC)

9. Ahn Byung Keon (Bali United FC)

10. Nuriddin Davronov (Madura United)

11. In Kyun Oh (Persib)

12. Kunihiro Yamashita (Perseru)

13. Dilshod Sharofetdinov (PSMS)

14. Bruce Djite (PSM)

15. Kim Sang Min (PS Tira)

16. Akhlidin Israilov (PSIS)

Video Populer

Foto Populer