Sukses


Pelatih Timnas Malaysia Ikut Kursus Pro AFC yang Digelar PSSI

Bola.com, Jakarta - PSSI diagendakan menggelar kursus lisensi Pro AFC mulai 14-20 April 2018 di Hotel UNY, Yogyakarta. Selain pelatih lokal, terselip empat pelatih asing ikut serta dalam kursus kepelatihan level tertinggi di AFC ini.

Empat pelatih asing itu yakni Adam bin Abdulah, Ong Kim Swee, Elavaran dari Malaysia yang dikirim Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan Fujiwara dari JFA Jepang.

Dari empat nama itu, Ong Kim Swee sudah tak asing lagi bagi publik sepak bola Indonesia. Ia saat ini berstatus pelatih Timnas Malaysia U-23 dan pernah pula menjabat sebagai pelatih Timnas Malaysia senior.

Sebelum mengikuti kursus Pro AFC, Ong Kim Swee dan asisten pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney, sudah terlebih dulu dikirim FAM untuk menimba ilmu kepelatihan di Atletico Madrid.

Di sisi lain, total sebanyak 24 pelatih ambil bagian dalam kursus Pro AFC yang jadi kali pertama digelar PSSI. Seperti dilansir dari situs resmi PSSI, Rabu (4/4/2018), Indonesia hingga saat ini belum memiliki satu pun pelatih lokal berlisensi Pro AFC.

"Ini akan menjadi sejarah bagi Indonesia dan PSSI karena pertama kalinya menggelar kursus Pro AFC dan memiliki pelatih dengan lisensi tersebut. Untuk peserta kursus Pro AFC yang ikut 24 pelatih. Salah satu syarat untuk mengikuti kursus ini yakni harus memiliki lisensi A AFC dan empat tahun terakhir aktif menangani tim profesional. Nama-nama pelatih yang ikut kursus Pro AFC juga harus mendapat rekomendasi dari PSSI dan AFC," jelas Danurwindo, Direktur Teknik PSSI.

 

2 dari 2 halaman

Daftar Peserta

Untuk kursus mendatang, peserta akan melahap modul pertama dari tujuh modul yang harus dilewati. Durasi kursus bisa mencapai satu tahun lamanya. 

PSSI mengungkap kursus ini digelar sebagai persiapan satu di antara persyaratan AFC, yakni nantinya pada 2020 setiap pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki lisensi Pro AFC.

Daftar peserta kursus Pro AFC Modul 1

Djajang Nurjaman (PSMS Medan), Bambang Nurdiansyah, Aji Santoso (Persela Lamongan), Wolfgang Pikal, Rudy Eka Priyambada (PS TNI), Joko Susilo (Arema FC), Liestiadi (Celebest FC), Hanafing, Tony Ho (Persipura), Emral Abus, Rachmad Darmawan (Sriwijaya FC), Iwan Setiawan, Nil Maizar, Indra Sjafri, Widodo C. Putro (Bali United), Yeyen Tumena (Bhayangkara FC), Mundari Karya, Yunan Helmi (Barito Putera), Adam bin Abdulah (FAM Malaysia), Ong Kim Swee (FAM Malaysia), Elavaran (FAM Malaysia), Fujiwara (JFA Japan), Syafrianto Rusli (Semen Padang FC), Seto Nurdiantara (PSS Sleman)

Video Populer

Foto Populer