Sukses


3 Pemain Veteran yang Memukau di Awal Liga 1 2018

Bola.com, Jakarta - Dalam dua pekan pertama Gojek Liga 1 bersama Bukalapak ada beberapa pemain memperlihatkan performa luar biasa untuk membawa timnya meraih kemenangan. Di antara mereka ada beberapa pemain yang terbilang veteran. Ada yang dari segi usia, ada juga yang dari sisi pengalaman berkiprah di kompetisi kasta teratas Indonesia. Mereka tidak mau kalah untuk memperlihatkan permainan yang cemerlang bersama timnya masing-masing di Liga 1 2018.

Dari 18 pertandingan yang tersaji dalam dua pekan pertama Liga 1 2018, hanya PSM Makassar yang berhasil memetik hasil sempurna. Tim asuhan Robert Alberts itu menang 2-0 atas PSIS Semarang dan 1-0 atas Perseru Serui.

Sementara itu, ada delapan tim yang dalam dua laga pertama meraih empat poin. Persaingan di antara tim-tim papan atas Liga 1 2018 pun cukup ketat.

Namun, di luar persaingan-persaingan antarklub, yang menarik, bagaimana pemain yang dimiliki 18 tim Liga 1 2018 berusaha memperlihatkan permainan terbaik untuk membawa timnya meraih kemenangan.

Dari begitu banyak pemain yang tampil, ada sejumlah pemain dengan kategori usia veteran yang memperlihatkan performa apik

Bola.com memilih tiga pemain dengan kategori veteran yang menyedot perhatian pencinta sepak bola Indonesia dengan aksi-aski mereka dalam dua pekan pertama Liga 1 2018.

2 dari 4 halaman

Ismed Sofyan

Setelah membantu Persija Jakarta bermain imbang tanpa gol dengan Bhayangkara FC di laga pembuka Liga 1 2018, Ismed Sofyan berhasil memperlihatkan performa cemerlang di laga pekan kedua Macan Kemayoran ketika menjamu Arema FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Dalam kemenangan 3-1 yang diraih atas Arema FC, Dua gol terakhir Persija tercipta berkat kontribusi nyata Ismed Sofyan. Kapten Persija itu membuat dua assist untuk gol yang diciptakan Marko Simic dan Jaimerson Xavier yang tercipta di babak kedua.

Tak hanya memberikan dua assist melalui eksekusi sepak pojok yang dilepaskannya kepada dua pemain asing Persija, pemain berusia 38 tahun itu juga memperlihatkan performa baik dalam mengawal pertahanan Persija dari serangan Arema, maupun saat membantu tim asuhan Stefano Cugurra Teco itu melakukan serangan dari sisi kanan.

Performa luar biasa Ismed Sofyan dalam pertandingan tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Stefano Cugurra Teco yang menegaskan hasil kerja keras pemain asal Aceh itu saat berlatih telah membawa dampak yang sangat baik bagi Persija dalam pertandingan.

Ismed Sofyan sampai sejauh ini masih menjadi bek kanan tak tergantikan di Persija. Pada dua laga pertama Liga 1 2018, kapten Persija ini selalu tampil penuh dan rasanya akan sulit menggantikan posisinya selain pemain tersebut mengalami cedera.

3 dari 4 halaman

Boaz Solossa

Boaz Solossa memang merupakan sosok yang selalu menentukan bagi Persipura Jayapura. Pemain berusia 32 tahun yang memang identik dengan Mutiara Hitam itu memberikan kontribusi besar bagi Persipura dalam dua laga pertama mereka di Liga 1 2018.

Salah satu bentuk konkret pentingnya striker asli Papua ini adalah masih terus dipercaya memimpin rekan-rekan setimnya oleh pelatih Peter Butler yang merupakan pelatih baru Mutiara Hitam. Boaz selalu bermain penuh dalam dua pertandingan pertama Liga 1 2018.

Dalam laga pertama Persipura di Liga 1 2018, Boaz Solossa berhasil mencetak gol pembuka kemenangan Mutiara Hitam atas Persela Lamongan di Stadion Mandala, Jayapura, pada 24 Maret 2018. Memanfaatkan umpan dari David Rumakek, pemain yang akrab disapa Bochi itu berhasil mengoyak jala gawang Muhammad Ridwan. Laga pun berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Mutiara Hitam.

Dalam kunjungan Persipura ke Banjarmasin dalam laga pekan kedua Liga 1 2018, Sabtu (31/3/2018), Persipura Jayapura bermain imbang 2-2 dengan Barito Putera. Dalam pertandingan ini Boaz Solossa tidak mencetak gol lagi seperti pertandingan pertama.

Namun, kontribusi besar diberikan oleh Boaz Solossa yang memberikan assist untuk gol kedua Persipura yang dicetak Marcel Sacramento. Gol tersebut membawa tim tamu unggul 2-1 sebelum akhirnya Barito Putera berhasil menyamakan kedudukan dan membuat pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

4 dari 4 halaman

Hamka Hamzah

Kapten Sriwijaya FC ini menjadi panglima sekaligus palang pintu terakhir Sriwijaya FC dalam laga kontra Borneo FC dan Persib Bandung di dua laga pertama mereka di Liga 1 2018.

Meski dalam dua laga tersebut Sriwijaya FC harus kebobolan satu gol, Hamka Hamzah memperlihatkan penampilan sangat baik untuk membantu timnya terhindar dari kekalahan.

Pada laga pertama di Liga 1 2018, Sriwijaya FC bertandang ke Stadion Segiri, Samarinda, untuk menantang Borneo FC. Saat itu Hamka Hamzah bermain baik menghalau serangan-serangan tim berjulukan Pesut Etam yang dibangun Srdjan Lopicic dan juga Lerby Eliandry yang berada di posisi striker.

Membawa pulang satu poin dari Samarinda, Sriwijaya FC menjamu Persib Bandung di Gelora Sriwijaya Jakabaring pada pekan kedua. Hamka Hamzah sempat kecolongan saat Ezechiel Ndouassel berhasil menjebol gawang Sriwijaya FC yang dikawal oleh Teja Paku Alam.

Namun, itu menjadi satu-satunya kecolongan yang dialami Hamka Hamzah dalam pertandingan tersebut. Sriwijaya FC akhirnya justru berhasil bangkit dan menang 3-1 atas tim berjulukan Maung Bandung dalam pertandingan tersebut.

Satu hal yang membuat Hamka Hamzah begitu istimewa adalah kepercayaan Rahmad Darmawan kepada sosok kapten tim berusia 34 tahun itu. Dalam dua pertandingan pertama Liga 1 2018, RD selalu menaruh kepercayaan penuh kepada Hamka yang selalu dimainkan secara penuh.

Video Populer

Foto Populer