Sukses


Prediksi PSM Vs Persela: Ambisi Hattrick Kemenangan

Bola.com, Makassar - PSM Makassar meraup poin penuh pada dua laga awal Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Keberhasilan yang membuat Juku Eja mampu bertakhta di puncak klasemen sementara.

Skuat Robert Alberts ini berpeluang besar menjaga tren positif saat menjamu Persela Lamongan pada pekan ketiga di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Jumat (6/4/2018).

Menurut Robert, PSM akan tampil dengan kekuatan terbaik untuk memburu tiga poin saat meladeni Persela. Kecuali Bruce Djite dan Ardan Aras yang masih dibekap cedera, semua pemain Juku Eja dalam kondisi bagus.

"Kami akan tampilkan permainan aktraktif dan menghibur untuk meraih tiga poin. Semua pemain punya tekad yang sama untuk mewujudkannya," tegas Robert.

Tanpa Bruce di lini depan, Robert tak risau karena masih ada Guy Junior dan Ferdinand Sinaga. Gelandang Wiljan Pluim yang baru sembuh dari demam tinggi juga bisa jadi pemain alternatif di posisi striker. Pada dua laga awal, Pluim bermain sebagai pemain bebas di daerah pertahanan lawan.

Meski belum mencetak gol pada dua partai awal, Robert memberi sinyal tetap memainkan Guy Junior sebagai starter. Alasannya, Ferdinand dinilai belum siap tampil selama 90 menit.

Sementara di lini tengah, trio Marc Klok, Asnawi Mangkualam, dan Rizky Pellu tetap jadi pilihan utama sebagai penyeimbang. Ketiga gelandang pekerja keras ini diturunkan secara bersamaan agar lini depan lebih fokus menggempur lini belakang Persela.

Robert menambahkan meski Persela tak bisa diperkuat Saddil Ramdani, pihaknya tidak ingin gegabah. Itulah mengapa pelatih asal Belanda ini tetap memainkan duet Steven Paulle-Abdul Rahman sebagai bek tengah.

Sementara Zulkifli Syukur dan Fauzan Jamal berperan sebagai bek sayap. "Kami ingin jadi tim pertama yang meraih tiga poin beruntun pada tiga awal Liga 1 2018," kata Robert.

 

2 dari 3 halaman

Persela Mencari Celah

Di sisi lain, pelatih Persela, Aji Santoso, telah membekali anak buahnya dengan cara main yang berbeda dengan sebelumnya. Selama persiapan menghadapi PSM, Birrul Walidain dkk. berlatih penguasaan bola.

Penekanan pada ball possession diutamakan menyusul persentase penguasaan bola Persela dalam dua pertandingan sebelumnya, melawan Persipura dan Persebaya, yang kurang dari 50 persen. Padahal bagi Aji, penguasaan bola merupakan satu di antara kunci untuk memenangi pertandingan.

Pemain Persela Lamongan, Diego Assis. (Bola.com/Aditya Wany)

Aji juga meminta anak buahnya lebih cepat mengalirkan bola, tak memaksakan membawa bola terlalu lama. Ia menuntut pemainnya banyak bergerak dan mencari ruang kosong atau mendatangi dan mendekat ke teman yang membawa bola.

Aji menilai meski PSM memiliki pemain merata pada semua lini, ia meyakini PSM masih punya celah yang bisa ditembus sehingga tim asuhannya bisa mencuri poin tim tuan rumah.

Aji mengungkapkan dirinya tidak akan melakukan penjagaan khusus buat Wiljan Pluim, kartu as PSM. "Kami memang mewaspadai pergerakan Pluim. Tapi, seperti katakan tadi, [PSM](3426744 "") memiliki materi pemain yang merata. Jadi, saya minta ke pemain agar lebih disiplin," kata Aji.

Mantan pelatih Arema itu berharap skuatnya bisa meminimalisasi kesalahan. Dia merujuk saat Persela kalah 1-2 dari Persipura dan ditahan 1-1 Persebaya. "Secara taktik, pemain sudah menjalankan instruksi saya. Sayang, kami melakukan kecerobohan yang berakibat fatal," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Zulikifli Syukur, Abdul Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal (belakang); Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rizky Pellu (tengah); Guy Junior, Wiljan Pluim, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper), Eky Taufik, Wallace Costa Alves, Arif Satriya, Birrul Walidain (belakang); Shohei Matsunaga, Syahroni, Diego Assis (tengah); Fahmi Al Ayubi, Samsul Arifin, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Video Populer

Foto Populer