Sukses


Prediksi Persebaya Vs Barito Putera: Pembuktian Melawan Sang Mantan

Bola.com, Surabaya - Selama tiga pekan beruntun di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Persebaya Surabaya harus menjalani pertandingan melawan tim yang dibesut sang mantan. Di laga perdana, mereka berhasil menang 1-0 atas Perseru Serui yang dilatih I Putu Gede Santoso (25/3/2018).

Pada pekan kedua (30/3/2018), Bajul Ijo berjumpa dengan eks kapten sekaligus satu di antara legenda mereka, Aji Santoso, yang menjadi pelatih Persela Lamongan. Skor akhir 1-1 menghiasi papan skor pada laga tersebut.

Pada pekan ketiga, Persebaya berjumpa Jacksen F. Tiago, pelatih Barito Putera. Pertemuan Persebaya versus Barito berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu sore (8/4/2018).

Jacksen bukan sosok yang asing bagi Persebaya. Pria asal Brasil itu pernah menjadi pemain Persebaya dan menjuarai Liga Indonesia 1996-1997. Lalu, dia juga pernah membawa Persebaya meraih kampiun Divisi Utama 2004 sebagai pelatih.

Alhasil, beban besar berada di pundak pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera. Apalagi, Barito dinilai memiliki materi pemain memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dua lawan Persebaya sebelumnya.

"Kami sudah siap dan berusaha maksimal untuk tampil bagus dan dapat poin penuh. Saya rasa tidak mudah cetak gol karena lawan bisa tampil maksimal. Tapi, kalau bisa cetak gol di babak pertama, kami mungkin akan lebih baik," kata pelatih asal Argentina itu.

Rotasi pemain kemungkinan dilakukan Alfredo, terutama sektor depan. Sebelumnya, dia memercayakan trisula kepada Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, dan Rishadi Fauzi. Namun, Feri Pahabol, David da Silva, dan Osvaldo Haay terlihat diberi kesempatan dalam beberapa latihan terakhir.

 

 

2 dari 3 halaman

Keunggulan Persebaya

Permasalahan sempat muncul di lini tengah dan depan. Persebaya sempat kehilangan gelandang bertahan, Nelson Alom, yang mengalami cedera. Namun, dia sudah mengikuti latihan ringan tim meski belum sepenuhnya fit.

Hal sama dialami bek tengah Fandry Imbiri. Dia masih mengalami masalah pada kebugaran. Sebagai ganti, Alfredo sepertinya akan mempersiapkan bek muda, Rachmat Irianto, untuk membantu kerja Otavio Dutra.

"Semua masih mungkin terjadi, siapapun bisa main. Saya mungkin punya rencana, tapi bisa berubah karena pertandingan membuat saya melakukan itu. Ini juga pertandingan yang tidak mudah, tapi saya yakin bisa dapat tiga poin," imbuh Alfredo.

Starting eleven Persebaya saat melawan Persela (30/3/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Kubu lawan sebenarnya tak punya modal cukup bagus jelang laga ini. Barito belum sekali pun memetik kemenangan dalam dua pertandingan sebelumnya. Mereka tumbang 1-3 dari tuan rumah Madura United (26/3/2018) di pekan pertama dan ditahan 2-2 oleh Persipura Jayapura di Stadion 17 Mei Banjarmasin (31/3/2018).

Jacksen pun merasa lawannya kali ini juga lebih unggul ketimbang tim asuhannya. Dia mengaku sudah mengamati gaya permainan eks klubnya itu.

"Keunggulan dari tim lawan, mereka punya organisasi permainan yang bagus. Semua tim menurut saya punya kualitas yang hampir sama. Kami harus maksimal untuk bisa melakukan antisipasi," ujar pelatih 49 tahun itu.

Seperti sebelumnya, Barito Putera masih akan mengandalkan Samsul Arif untuk menjadi juru gedor. Kerja striker 33 tahun itu akan dibantu dua gelandang asing, Douglas Packer dan Matias Cordoba.

"Semua tahu, dalam sepak bola yang penting apa yang dilakukan dengan taktik di lapangan. Secara taktik, kami bisa memantau, tapi pemain bisa saja mengembangkan permainan di pertandingan dan itu yang tidak bisa diprediksi," ungkap Jacksen.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Robertino Pugliara (tengah); Osvaldo Haay, David da Silva, Ferinando Pahabol (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan (kiper); Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Aaron Evans, Roni Beroperay (belakang); M. Raffi, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba (tengah); Douglas Packer, Samsul Arif, Gavin Kwan (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Video Populer

Foto Populer