Deretan Pemain Terbaik Pekan Ketiga Liga 1 2018

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 11 Apr 2018, 21:35 WIB
Logo Liga 1 GoJek

Jakarta - Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak telah menyelesaikan pekan ketiga. Persipura Jayapura menjadi penguasa klasemen sementara di atas Borneo FC.

Sebelumnya, PSM Makassar yang menguasai puncak klasemen Liga 1 2018 hingga pekan kedua. Namun, hasil negatif yang didapat saat menjamu Persela Lamongan di Stadion Andi Mattalatta, Jumat (6/4/2018), membuat mereka harus turun takhta.

Kini, giliran Persipura yang tampil sebagai penguasa klasemen Liga 1 2018. Itu berkat kemenangan 2-0 atas PS Tira di Stadion Mandala, Sabtu (7/4/2018). Gol kemenangan tim Mutiara Hitam dicetak Hilton Moreira di menit ke-15 dan Gunansar Mandowen ke-28.

Sukses itu membuat Persipura menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan di musim ini. Selain mereka, ada Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Bali United yang juga belum menelan kekalahan.

Di sisi lain, ada beberapa pemain yang mampu menunjukkan tajinya pada pekan ketiga. Liputan6.com mencoba untuk merangkum beberapa pemain terbaik yang muncul di pekan ketiga lewat daftar di bawah ini. Berikut daftarnya:

 

2 of 5

1. Shohei Matsunaga

Shohei Matsunaga, Persela Lamongan
Pemain asing Persela Lamongan, Shohei Matsunaga (kiri), mengaku tersanjung dengan sambutan hangat dari LA Mania. (Bola.com / Aditya Wani)

Liga 1 2018 jadi musim perdana Matsunaga berseragam Persela. Ia merapat ke Persela setelah kontraknya tak diperpanjang Persib Bandung. Meski sempat mandek pada dua laga awal, kontribusi mulai diperlihatkan Matsunaga di pekan ketiga.

Mantan pemain Schalke 04 itu jadi aktor utama di balik kemenangan 3-2 Persela atas PSM. Publik di Stadion Andi Mattalatta dengan jelas melihat aksinya ketika dua kali mebobol gawang PSM kawalan Rivki Mokodompit di menit ke-26 dan ke-58.

Tentu ini jadi awal yang bagus bagi pemain keturunan Jepang tersebut. Pasalnya, ia baru saja melewati periode buruk bersama Persib di Liga 1 2017. Meski 32 kali dimainkan, Matsunaga hanya mampu menceploskan tiga gol.

Sebelumnya, ia juga sempat menyumbang satu assist saat melawan Persipura. Namun, laga itu berakhir dengan kekalahan 1-2 Laskar Joko Tingkir.

 

3 of 5

2. Reinaldo Lobo

PSMS Medan, Reinaldo Lobo
Bek PSMS Medan, Reinaldo Lobo (kanan). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah menelan kekalahan di dua laga awal, PSMS Medan akhirnya meraih kemenangan perdananya. Hebatnya, sukses itu didapat saat mereka menjamu tim sekaliber Persija Jakarta di Stadion Teladan, Jumat (6/4/2018).

Kemenangan perdana PSMS itu juga tak lepas dari kontribusi Reinaldo Lobo. Bek asal Brasil itu membuktikan bahwa PSMS tak salah merekrutnya untuk musim ini. Ia menyumbang satu gol usai memanfaatkan sepak pojok Firza Andika di menit ke-44.

Namun, itu bukan satu-satunya aksi Lobo yang layak mendapat pujian. Ia juga berulang kali melakukan penyelamatan. Salah satunya adalah di menit ke-51. Persija mendapat peluang lewat sundulan Jaimerson da Silva yang memanfaatkan tendangan bebas Riko Simanjuntak.

Hebatnya, sebelum bola melewati garis gawang, bek berusia 30 tahun itu lebih dulu melakukan sapuan. Penyelamatan vital lainnya dilakukan pada menit ke-70. Tendangan mendatar Addison Alves dari sisi kanan gawang Persija yang seharusnya jadi gol sukses digagalkan Lobo.

 

4 of 5

3. Lerby Eliandry

Lerby Eliandry
Pemain Borneo FC, Lerby Eliandry. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Secara tiba-tiba Borneo FC melesat ke posisi teratas klasemen. Tim besutan Dejan Antonic itu naik ke posisi kedua usai menaklukkan Arema FC 3-1 di Stadion Segiri, Senin (9/4/2018).

Penyerang berusia 26 tahun itu mencetak gol penentu kemenangan usai memaksimalkan umpan Ambrizal Umanailo di menit ke-70. Sebelumnya, Borneo FC tertinggal lebih dulu akibat gol Thiago Furtuoso di menit ke-34. Tuan rumah baru menyamakan skor lewat Titus Bonai di menit ke-58.

Dengan tambahan satu gol, Lerby kini sudah mengoleksi dua gol di Liga 1 2018. Ini jadi modal bagus bagi Lerby untuk kembali mengulang penampilan memukau di Liga 1 2017, yakni ketika mengemas 16 gol dari 32 laga.

 

5 of 5

4. Jonathan Bauman

Persib Bandung, Mitra Kukar, Liga 1 Indonesia
Striker Persib Bandung, Jonathan Bauman melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Mitra Kukar di Stadion GBLA, Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018). Persib Bandung menang 2-0. (Bola.com/Asprilla Dwi Adha)

Langkah Persib Bandung di Liga 1 2018 memang belum konsisten. Namun, pemain asal Argentina tersebut sudah membuktikan bahwa ia adalah pemain yang dibutuhkan tim Maung Bandung. Setidanya, sudah satu gol dan satu assist yang diberikannya dari dua laga.

Satu gol Bauman tercipta saat Persib menang 2-0 atas Mitra Kukar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (8/4/2018). Sepanjang laga, ia juga menunjukkan aksi impresif yang membuat banyak peluang Persib tercipta.

Setelah melawan Kukar, emain berusia 27 tahun itu mengaku sudah beradaptasi dengan skema permainan Persib. Namun, ia mengaku belum puas dan siap terus belajar agar bisa lebih memuaskan pelatih Roberto Carlos Mario Gomez.

Sumber: Liputan6.com

Lanjutkan Membaca ↓