Kiat Ismed Sofyan Hadapi Jadwal Padat bersama Persija

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 12 Apr 2018, 14:50 WIB
Ismed Sofyan

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta sudah menjalani dua pertandingan dari total enam yang harus dijalani sepanjang April 2018. Kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan, tetap tampil prima di sisi kanan pertahanan sembari membantu penyerangan Persija.

Bek kanan Macan Kemayoran itu punya kiat khusus untuk menghadapi jadwal yang padat, terutama karena masih ada empat pertandingan lagi yang harus dihadapi sepanjang April 2018 dengan jeda istirahat yang cukup sempit.

Setelah kalah 1-3 dari PSMS Medan dalam Gojek Liga 1 bersama Bukalapak dan menang telak 4-0 atas Johor Darul Ta'zim di Grup H Piala AFC 2018, Persija masih harus menjalani empat pertandingan sepanjang April 2018.

Macan Kemayoran akan menjamu Borneo FC pada Sabtu (14/4/2018) sebelum menghadapi PSIS Semarang pada Jumat (20/4/2018). Setelah lima hari istirahat dari pertandingan, Persija bertandang ke Singapura untuk menghadapi Tampines Rovers pada 24 April 2018.

Selang tiga hari kemudian, tim Macan Kemayoran dihadapkan dengan laga besar kontra Persib Bandung.

Meski begitu, kapten Persija, Ismed Sofyan, mengaku tidak ada masalah dengan jadwal ketat yang harus dijalani tim ibu kota itu. Pemain asal Aceh itu mengaku sudah memiliki cara untuk menjaga dirinya tampil prima dalam setiap pertandingan.

"Menurut saya, caranya beristirahat. Recovery itu penting. Merupakan kebohongan kami bisa bermain tiga hari sekali dengan jadwal yang padat ini, baik di AFC atau pun di liga, tanpa istirahat atau recovery yang bagus. Saya rasa istirahat yang cukup itu yang sangat dibutuhkan pemain," ujar tutur Ismed.

Persija juga menghadapi Borneo FC yang belum terkalahkan sepanjang Liga 1 2018 berlangsung. "Saya tak ingin memikirkan lawan meski tengah berada di tren yang bagus. Saya fokus dengan tim ini. Selain itu kami bermain di kandang dan akan berusaha meraih tiga poin," tuturnya.