Sukses


Prediksi Sriwijaya FC Vs Persipura: Legiun Asing Kontra Pemain Muda

Bola.com, Palembang - Ambisi bangkit digelorakan Sriwijaya FC saat menjamu Persipura FC pada pekan keempat Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Sabtu (14/4) sore. Namun, kubu Laskar Wong Kito sadar betul hal itu tidaklah mudah.

Pasalnya, sang lawan saat ini kepercayaan dirinya sedang melambung tinggi seiring rapor kinclong mereka di tiga laga sebelumnya.

Boaz Solossa dkk. saat ini masih menempati posisi puncak klasemen sementara dengan torehan tujuh poin, hasil dua kemenangan plus sekali hasil imbang. Bahkan Persipura juga mencatatkan diri sebagai tim terproduktif dengan torehan 6 gol.

Sebaliknya penampiulan Sriwijaya FC belum mapan di awal kompetisi. Pada pekan lalu Alberto Goncalves cs. digebuk Madura United 0-3. Anak-asuh Rahmad Darmawan kini terhuyung di posisi 12 dengan torehan empat poin.

Padahal, jika bicara komposisi skuat, Sriwijaya FC terhitung tim bertabur bintang. Banyak pemain beken dengan kualitas mumpuni di tim satu ini.

Pelatih Persipura, Peter Butler mengaku buta dengan kekuatan SFC saat ini.

“Saya harus katakan itu dengan jujur. Saya tidak kenal betul komposisi skuat Sriwijaya FC. Pastinya bermain tandang di kompetisi Indonesia amat sulit. Dengan segala hormat, kami hanya akan fokus ke tim sendiri. Malam ini saya dan pemain akan menganalisis permainan SFC secara detail,” ujarnya Peter pada Jumat (13/4/2018) sore.

Pelatih asal Inggris ini yang pernah menukangi Persiba Balikpapan beberapa musim silam menyebut sejauh ini penampilan anak asuhnya terus membaik.

“Kami sudah siap bermain melawan Sriwijaya FC. Persiapan khusus laga ini sangat bagus. Perlu diketahui tim ini kehilangan 11 pemain inti yang pindah klub, sehingga saya perlu menata ulang tim ini, dan membangkitkan semangat juang pemain. Saya senang dengan respon yang mereka tunjukkan hingga sekarang,” ungkap Peter.

Salah satu pemain Persipura Jayapura, Muhammad Tahir mengaku tidak gentar dan siap meneruskan tren positif walau harus bermain di Palembang. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini pun menyindir Laskar Wong Kito yang disebutnya sebagai tim asing di Liga Indonesia.

“Bertemu Sriwijaya FC sama saja seperti bertemu tim asing. Di klub tersebut banyak pemain asing dan mantan legiun asing yang sudah dinaturalisasi. Kami sama sekali tidak ciut dengan hal itu,” ujar pesepak bola belia asal Makassar itu.

2 dari 3 halaman

Bisa Apa Tanpa Rahmad Darmawan?

Di sisi lain, pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, menegaskan bahwa anak asuhnya akan tetap bermain maksimal meskipun tanpa kehadiran dirinya di sisi lapangan.

Eks pelatih Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011 dan 2013 itu memang harus absen karena di saat yang duel berlangsung harus mengikuti kursus kepelatihan A Pro AFC di Yogyakarta.

“Saya pikir tidak akan ada masalah karena saya tetap mendampingi hingga sesi latihan terakhir sebelum pertandingan, yang paling terpenting adalah bagaimana menjaga motivasi pemain.

Saya pun akan tetap berusaha mengajukan izin pulang ke Palembang terlebih dulu usai acara pembukaan kursus, namun bila tidak diperbolehkan nanti akan tetap berkomunikasi dengan jajaran pelatih melalui telepon saat sebelum pertandingan, jeda babak pertama nantinya,” bebernya.

Pelatih asal Lampung ini juga menyebut bahwa meski akan kehilangan salah satu pilarnya, Mamadou Ndiaye karena menjalani hukuman akumulasi kartu, ia tetap optimistis skuadnya tak kehilangan keseimbangan.

“Di laga pembuka dan saat itu kami mesti bertandang ke Samarinda juga tanpa Ndiaye. Situasi seperti ini sudah saya prediksi sejak jauh-jauh hari. Sudah ada antisipasinya," ujar Rahmad Darmawan. 

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (Kiper); Alfin Tuaalamony, Hamka Hamzah, Marco Meraudje, Novan Sasongko (Belakang): Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Makan Konate (Tengah): Manucechr Dzalilov, Esteban Viscarra, Alberto Goncalves (Depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman (Kiper): Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Abduolaiye Maiga, Boas Artururi (Belakang); Ian Luis Kabes, M. Tahir, Gerrard Mandowen (Tengah); Hilton Moreira, Marcel Sacramento, Boaz Solossa (Depan)

Pelatih: Peter Butler

Video Populer

Foto Populer