Sukses


Ulang Tahun ke-88, PSSI Dapat 'Kado' dari FIFA

Jakarta - PSSI mendapat hadiah ulang tahun kurang menyenangkan dari FIFA. Di hari jadinya, PSSI dijatuhi sanksi berdasar hasil Sidang Komisi Disiplin FIFA, Kamis (19/4/2018).

FIFA menganggap PSSI lalai karena tidak mengurangi poin enam klub anggotanya. Meski begitu, FIFA tidak merinci identitas keenam klub tersebut.

Hukuman FIFA kepada PSSI bukan berupa sanksi berat yang berpotensi membuat kompetisi sepak bola di Indonesia kembali terhenti. Asosiasi sepak bola Indonesia yang tepat berusia 88 tahun pada 19 April 2018 harus membayar uang sebesar 30.000 franc Swiss  (CHF) atau sekitar Rp 427 juta.

"Sebagai tambahan, PSSI dikenai sanksi sebesar 30 ribu CHF karena tidak mengurangi poin enam klub yang mana sebelumnya telah diputuskan oleh Komdis FIFA," tulis FIFA dalam situs resminya.

"(PSSI) bersalah karena melanggar pasal 64 Kode Disiplin FIFA (tidak mematuhi keputusan FIFA)," lanjut pernyataan itu.

2 dari 3 halaman

Sanksi Lainnya

Sidang FIFA juga melahirkan enam keputusan, di luar sanksi kepada PSSI. FIFA menjatuhkan hukuman kepada dua klub Liga Portugal dan Spanyol berupa uang denda.

Sporting Lisbon dan Benfica didenda masing-masing 110.00 franc Swiss (Rp 1,5 miliar) dan 150.000 (Rp 2,1 m) franc Swiss. Itu karena kedua klub memperbolehkan pihak ketiga campur tangan serta memiliki hak atas kontrak para pemainnya.

Sementara itu, Rayo Vallecano dan Celta Vigo juga dikenai denda masing-masing 55.000 (Rp 783 juta) franc Swiss dan 65.000 franc Swiss (Rp 925 juta). Keduanya mengalami masalah yang serupa dengan Sporting Lisbon dan Benfica.

3 dari 3 halaman

Sanksi untuk PSSI

Pengumuman hasil sidang Komdis FIFA tidak merinci kesalahan PSSI yang berujung hukuman denda. FIFA juga tidak menjelaskan enam klub yang seharusnya mendapat pengurangan poin dari PSSI.

 

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer