Sukses


Prediksi PSM Vs PS Tira: Menang atau Terpuruk

Bola.com, Makassar - PSM Makassar mengusung slogan wajib menang saat menjamu PS Tira pada pekan kelima Gojek Liga 1 Bukalapak di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Sabtu (21/4/2018).

Tiga poin wajib diwujudkan PSM untuk mengembalikan pamor sekaligus mendongkrak posisi mereka di klasemen. Sebaliknya, bila seri apalagi kalah, PSM kian terpuruk dan bisa terlempar ke papan bawah.

"Kami tidak jarak poin dengan pimpinan klasemen bertambah jauh bila kembali gagal meraih poin penuh," kata Zulkifli Syukur, kapten PSM.

Zulfkifli menegaskan dia bersama pemain lain sudah melupakan dua kekalahan beruntun, yakni ditekuk Persela Lamongan dan Barito Putera. "Kami kini fokus menatap pertandingan selanjutnya," ujar Zulkifli.

Sependapat dengan sang kapten, Robert Alberts, pelatih PSM, mengungkapkan skuatnya optimitis menekuk PS Tira untuk memenuhi target sembilan poin dari lima partai yang dibebankan manajemen.

"Saya memang tidak bisa memainkan Wiljan Pluim dan Bruce Djite. Tapi, saya percaya, siapapun yang tampil punya motivasi tinggi untuk menang di kandang sendiri," kata Robert.

Tanpa Pluim dan Djite, Robert diprediksi tidak akan melakukan perubahan berarti saat PSM menjamu PS Tira. Dalam latihan reguler, pelatih asal Belanda ini hanya melakukan mutasi di sektor bek kiri. Fauzan Jamal yang selama ini jadi starter selama empat pekan hampir pasti digusur Reva Adi Utama.

"Fauzan sudah tampil pada empat partai awal. Saya akan mengistirahatkannya untuk mengembalikan kebugarannya," ungkap Robert.

Di lini tengah, kembalinya Marc Klok, yang absen melawan Barito, membuat lini tengah PSM kembali solid. Kehadiran Klok otomatis membuat Rasyid Bakri kembali menepi. Sedangkan dua gelandang lainnya, Asnawi Mangkualam dan Rizky Pellu, masih diberi kesempatan.

Begitu pula dengan Guy Junior yang belum mencetak gol pada empat laga awal. Striker naturalisasi ini masih berpeluang jadi starter karena Robert belum yakin dengan kebugaran Zulham Zamrun.

"Saya berharap Ferdinand Sinaga kembali mencetak gol. Kemampuan dan ketajaman Ferdinand telah kembali. Dia adalah opsi utama di lini depan," ucap Robert.

 

2 dari 3 halaman

PS Tira Melihat Celah PSM

Sementara PS Tira datang ke Makassar mematok target realistis, yakni satu poin di kandang PSM. Menurut Miftahudin Mukson, asisten pelatih PS Tira, PSM memiliki kedalaman materi yang baik. Tanpa Wiljan Pluim dan Bruce Djite, Juku Eja tetap solid.

"PSM masih punya Ferdinand Sinaga yang sudah mencetak gol perdana buat timnya. Lini tengah mereka sudah diperkuat Marc Klok," ujar Miftahudin.

Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts (kanan) dalam sesi konferensi pers di  Makassar, Junat (20/4/2018).

Sebaliknya, PS Tira tidak diperkuat Kim Sang-min dan Irfandi yang masih terkendala kebugaran. Skuat Rudy Eka Priyambada ini juga harus menghadapi tekanan suporter PSM yang kembali bisa mengenakan atribut khas mereka plus yel yang bisa membuat mental lawan kendor.

"Dalam sepak bola, apa saja bisa terjadi. Kami sudah siapkan pemain lain untuk mengganti yang absen. Soal tekanan suporter, tidak masalah, karena pemain sudah terbiasa," jelas Miftahudin merujuk sukses PS Tira menahan Persib Bandung 1-1 di kandang lawan pada pekan pertama Liga 1 2018.

Mitahudin mengungkapkan tim pelatih sudah meracik strategi untuk mengimbangi PSM. "Mereka punya lini tengah dan striker yang bagus," kata Miftahudin.

Pernyataan Miftahudin, yang tidak menyebut lini belakang, bisa diartikan PS Tira melihat celah di pertahanan PSM. Apalagi, pada dua partai terakhir, PSM kebobobolan lima gol. "Kami sudah mempelajari rekaman dua partai terakhir PSM," lanjut Miftahudin.

Hal senada dikatakan Mariano Berriex, gelandang asal Argentina. Menurut Mariano, meski bermain di kandang PSM, ia justru kian termotivasi menampilkan permainan terbaiknya. "PSM memang tim besar. Tapi, di kompetisi ini, semua tim punya peluang sama untuk menang," kata Mariano.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Formasi Pemain

Prakiraan Formasi Pemain

PSM (4-3-3): Shahar Ginjar (kiper); Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Steven Paulle, Reva Adi Utama (belakang); Asnawi Mangkualam, Rizky Pellu, Marc Klok (tengah); Guy Junior, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Robert Alberts

PS Tira (4-2-3-1): Teguh Amiruddin (kiper); Safri Al Irfandi, Ganjar Mukti, Firmansyah, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Mariano Berriex;Iman Pathurohman, Gustavo Lopez, Roni Sugeng (tengah); Aleksandar Rakic (depan)

Pelatih: Rudy Eka Priyambada

Video Populer

Foto Populer