Asprov PSSI Jatim Siap Mengelar Piala AFF U-15 dan Piala AFF U-18 2018

Oleh Zaidan Nazarul pada 26 Apr 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Apr 2018, 17:00 WIB
Latihan Terakhir Timnas Indonesia U-16 Jelang Pengumuman Hasil Seleksi
Pemain seleksi Timnas Indonesia U-16 usai melakukan latihan terakhir jelang pengumuman hasil seleksi. Timnas U-16 ini dipersiapkan untuk mengikuti ajang Piala AFF U-15 pada 9–22 Juli 2017 yang diselenggarakan di Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Surabaya - Asprov PSSI Jawa Timur mendapat kepercayaan dari PSSI pusat untuk menggelar dua hajatan besar tahun ini, yakni Piala AFF U-15 dan Piala AFF U-18. Meski terhitung masih tiga dan empat bulan lagi, Asprov PSSI Jatim sudah mulai mempersiapkan diri.

Sebagai informasi, Asprov PSSI Jatim ditunjuk sebagai tuan rumah Piala AFF U-15 yang akan dilaksanakan 29 Juli-11 Agustus 2018. Selain itu, Jatim juga menjadi satu di antara satu tuan rumah untuk Piala AFF U-18 yang berlangsung 2-14 Juli 2018.

Untuk Piala AFF U-15, Asprov PSSI Jatim telah mempersiapkan dua stadion yang akan digunakan sebagai tempat penyelenggaraan. Dua venue tersebut adalah Stadion Gelora 10 November Surabaya dan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Selain lokasi pertandingan, Jatim juga mempersiapkan akomodasi dan tempat latihan bagi tim-tim kontestan. Piala AFF U-15 ini dibagi menjadi dua grup.

Indonesia selaku tuan rumah tergabung di Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Semua laga di grup ini akan dimainkan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Sementara Grup B terdiri dari Thailand, Malaysia, Laos, Brunei Darussalam, dan Singapura. Mereka akan bermain di Stadion 10 November, Surabaya.

 

2 dari 2 halaman

Stadion Gelora 10 November

Sedangkan untuk Piala AFF U-18, Jatim harus berbagi dengan Jawa barat (Jabar). Stadion Pakansari, Bogor, akan menjadi venue pertandingan untuk grup yang berisi Timnas Indonesia.

Stadion Gelora 10 November kandang Persebaya Surabaya saat ini hanya menjadi tempat latihan warga dan SSB setempat, Stadion ini merupakan saksi bisu kejayaan Persebaya. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sementara Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, yang pelaksanaannya di bawah kendali Asprov PSSI Jatim, digunakan untuk menggelar laga grup lain.

"Semoga Piala AFF di Jatim tahun ini berjalan sukses. Ini adalah sumbangsih PSSI Jatim untuk Indonesia," ucap Ketua Asprov PSSI, Jatim Ahmad Riyadh UB.

Sekretaris Umum Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan semua keperluan penyelenggaraan Piala AFF U-15 maupun U-18, baik itu berupa hotel, lapangan pertandingan, lapangan untuk latihan, dan lain-lainnya, termasuk keamanan.

"Untuk keamanan kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama untuk Piala AFF U-15, di mana ada Timnas Indonesia yang bermain di Sidoarjo. Yang  pasti, kami siapkan semua kebutuhannya," jelas Amir.

Lanjutkan Membaca ↓