PSSI Akan Melobi AFC agar Juara Piala Indonesia Bisa Main di Piala AFC 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 26 Apr 2018, 17:30 WIB
Joko Driyono, Ratu Tisha Destria, PSSI

Bola.com, Jakarta - PSSI menggelar Piala Indonesia 2018 mulai 8 Mei 2018. PSSI akan mengupayakan juara Piala Indonesia bisa tampil di Piala AFC. Namun, Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengaku uyapa tersebut saat ini baru akan diusulkan.

PSSI menyatakan Piala Indonesia 2018 melibatkan 128 klub dari Liga 1 hingga Liga 3. Dengan menggunakan sistem gugur, kompetisi akan mengerucut dari 128, menjadi 64 besar, kemudian 32 besar, dan seterusnya hingga pertandingan final.

Penyelenggaraan Piala Indonesia, yang diharapkan seperti Piala FA di Inggris, diharapkan bisa menjadi wadah bagi setiap klub dari semua kasta untuk tampil. PSSI memberikan tajuk Everyone Can Play untuk kompetisi tersebut.

Tak hanya sampai di situ, ada keinginan agar juara dari Piala Indonesia juga bisa tampil di kompetisi AFC. Sejumlah pemenang kompetisi piala di negara-negara Asia Barat, Selatan, dan Tengah, juga menjadi kontestan Piala AFC meski harus masuk melalui fase penyisihan atau kualifikasi.

PSSI berniat mengusulkan rencana masuknya juara Piala Indonesia ke Piala AFC. Namun, usul tersebut disebut masih bergantung kapan Piala Indonesia akan berakhir.

"PSSI berkeinginan juara Piala Indonesia mewakili Indonesia di Piala AFC. Ini akan kami usulkan ke AFC. PSSI punya ilustrasi tentang Piala Indonesia dan akan kami sampaikan pada 3 Mei 2018, di mana akhir dari kompetisi ini adalah Desember 2018 atau Januari 2019," ujar Joko Driyono.

"Ini yang menjadi masalah karena keterkaitan dengan registrasi di AFC. Mereka memiliki waktu di akhir tahun nanti untuk pendaftaran klub-klub yang akan berpartisipasi di Liga Champions Asia dan Piala AFC. Jadi kami akan upayakan lebih dulu," lanjut Joko Driyono.