Sukses


Toyo Kembali Bergabung dengan Persija

Bola.com, Jakarta - Antonio 'Toyo' Claudio kembali ke Persija Jakarta. Namun, bergabungnya pria asal Brasil tersebut untuk melengkapi staf pelatih Macan Kemayoran yang dikomdanoi oleh Stefenao Terco. 

Seperti dilansir situs resmi Persija, Toyo sudah mulai menjalankan tugasnya sejak Jumat (27/4/2018). Dia membantu Teco memberikan menu latihan kepada para pemain Persija. 

"Ya Antonio Claudio sudah bagian resmi dari tim kepelatihan Persija. Saya ikat Toyo dengan durasi kontrak 8 bulan agar selesai kontraknya sama dengan yang lain.” ujar Direktur Utama Gede Widiade seperti dilansir situs resmi Persija.

Toyo bukanlah sosok asing di Persija. Sebaliknya, pria berusia 45 tahun ini merupakan salah satu legenda Macan Kemayoran -julukan Persija.

Toyo turut berjasa mengantarkan Persija meraih gelar juara Liga Indonesia pada musim 2001. Selain Luciano Leandro, Toyo adalah pilar Persija asal Brasil yang berperan penting dalam kesuksesan tersebut.

Meskipun begitu, Persija mengikat Toyo bukan semata-mata karena statusnya sebagai legenda klub. Ya, Toyo diketahui saat ini memegang lisensi kepelatihan C dari AFC.

"Saya kira dia punya tugas penting. Terutama bantu tim kepelatihan. Ia akan menangani pemain yang tidak dibawa laga tandang agar kondisi mereka tetap terjaga,” kata Gede.

 

 

2 dari 3 halaman

Fisik Bugar

Bukan tanpa alasan, Toyo dipilih untuk menjaga kebugaran para pemain Persija. Meski telah berusia uzur untuk ukuran pemain bola, fisik Toyo tetap terlihat prima.

Menjaga pola makan menjadi resep Toyo untuk menjaga kebugaran fisiknya. "Ini mata pencaharian kita. Jadi, kita harus menjaganya dengan pola hidup sehat, makan teratur, tidak minum alkohol, tidak merokok," kata Toyo kepada Goal.com

3 dari 3 halaman

Aroma Brasil

Masuknya Toyo ke dalam skuat Persija semakin mengentalkan aroma Samba di kubu Persija. Kini, Persija dihuni oleh lima figur asal Brasil.

Selain Toyo, pelatih Teco, bek Jaimerson, dan dua penyerang, Addison Alves serta Ivan Carlos juga berasal dari Brasil.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer