Sukses


3 Hari Gabung Barito Putera, Ini Komentar Jacksen Tiago tentang Juan Pablo Pino

Bola.com, Banjarmasin - Juan Pablo Pino telah resmi dikontrak Barito Putera untuk berlaga di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Gelandang asal Kolombia itu sudah tiga hari ini berlatih bersama Samsul Arif dkk. Bagaimana komentar pelatih Barito, Jacksen F. Tiago?

"Secara skill, dia bagus. Dia pemain berpengalaman. Saya berharap dia cepat beradaptasi dengan rekan setimnya. Dan, adaptasi pula terhadap latihan serta cara bermain Barito Putera," kata Jacksen.

Meski eks gelandang Arema FC ini punya teknik dan pengalaman, Jacksen Tiago menyoroti fisik pemain tersebut. "Dia harus berlatih keras untuk menyamakan diri dengan rekan-rekannya karena dia bergabung ketika kompetisi sudah berjalan. Saya lihat berat badannya ideal. Namun, otot dan staminya harus digenjot," ujarnya.

Jacksen Tiago sudah menyiapkan program khusus untuk menempa Juan Pablo Pino. Namun, dia tak akan memforsir dengan latihan spartan.

"Dia sudah berumur. Program latihannya pun disesuaikan dengan usianya. Kami akan lakukan secara bertahap. Jika diforsir akan malah bisa bikin dia cedera," jelasnya.

Pelatih asal Brasil itu memperkirakan butuh waktu dua hingga tiga pekan untuk menyiapkan fisik dan stamina Juan Pablo Pino, yang berusia 31 tahun.

"Kalkulasi saya, waktu itu cukup bagi Pino untuk bersiap diri. Dia pemain profesional, tentu dia serius menyiapkan dirinya," lanjut Jacksen.

Meski sudah melahap latihan sesuai waktu yang diprogram, Jacksen Tiago belum akan memasukkan nama Juan Pablo Pino sebagai starting XI Barito Putera.

"Di awal, saya akan cadangkan dia. Saya akan mainkan di tim secara bertahap. Bisa lima, 10, atau 15 menit dulu melihat kesiapan dan kebutuhan tim. Sembari memulihkan sentuhan dan adaptasi di permainan," tuturnya.

Mantan arsitek Persebaya Surabaya dan Persipura Jayapura ini pun berharap banyak dengan kehadiran Juan Pablo Pino. "Saya ingin pembelian ini bisa mengangkat prestasi Barito Putera," ucapnya.

Video Populer

Foto Populer