Liga 2: Alasan Kapten PSS Serahkan Penalti ke Cristian Gonzales

Oleh Ronald Seger Prabowo pada 02 Mei 2018, 20:15 WIB
Cristian Gonzales

Bola.com, Sleman - Cristian Gonzales kembali memberi kontribusi positif untuk PSS Sleman. El Loco mencetak gol lewat titik putih, saat menjamu Madura United dalam lanjutan Grup Timur Liga 2 2018 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (2/5/2018).

Eks striker Timnas Indonesia baru dimasukkan pelatih Herri Kiswanto, menit ke-55 menggantikan Tambun Dibty Naibaho. Satu menit sebelumnya, El Loco dijatuhkan di kotak terlarang. Sayang, golnya tak bisa menyelamatkan PSS Sleman dari kekalahan 1-2 lewat laga dramatis.

Ada hal menarik dari proses gol penalti El Loco. Dalam beberapa pertandingan pra-musim, eksekutor utama tendangan 12-pas PSS adalah kapten tim, Achmad Hisyam Tolle. Setelah wasit Tommi Manggora menunjuk titik putih, Hisyam membawa bola namun tak mengarah ke titk putih, melainkan menyerahkan si kulit bundar ke Gonzales.

Saat berbincang dengan Bola.com, Hisyam memiliki alasan tersendiri terkait keputusannya tak mengambil tendangan penalti. Baginya, Gonzales sudah bekerja keras di lapangan hingga terjadi hukuman penalti.

''Dia syarat pengalaman menghadapi situasi tendangan penalti dan lebih jago daripada saya. Makanya penalti saya berikan ke Gonzales,'' ungkap Hisyam.

Mantan pemain Borneo FC itu menyebut, Gonzales memang mendapat dukungan penuh dari seluruh pemain untuk tampil tajam bersama PSS Sleman. Bahkan, lanjut Hisyam, pemain bernomor punggung 10 itu akan tetap menjadi eksekutor penalti jika mendapat hadiah di pertandingan selanjutnya.

''Cristian Gonzales seorang gol getter sehingga harus mencetak gol. Nanti kalau ada penalti lagi dia yang akan menjalankan tugas. Kami semua memberi dukungan,'' tukas pemain berusia 24 tahun itu.