Operasi Berjalan Lancar, Andritany Diperkirakan Istirahat 3 Bulan

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 05 Mei 2018, 15:56 WIB
Diperbarui 05 Mei 2018, 15:56 WIB
PSSI Anniversary Cup 2018, Timnas Indonesia U-23, Bahrain, Bola.com
Kiper Timnas Indonesia U-23, Andritany saat melawan Bahrain pada laga PSSI Anniversary Cu 2018 di Stadion Pakansari, Bogor, (26/4/2018). Bahrain menang 1-0. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Bola.com, Jakarta - Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, telah menjalani operasi bedah dengan lancar untuk mengatasi cedera retak tulang pipi di Rumah Sakit MMC Jakarta, Sabtu (5/5/2018). Namun, kiper berusia 26 tahun itu harus beristirahat setidaknya selama tiga bulan ke depan.

Kesuksesan berjalannya operasi bedah yang dilakukan oleh Andritany diungkapkan oleh dokter tim Persija Jakarta, Donny Kurniawan. Operasi untuk mengatasi cedera tulang pipi dan pergeseran tulang penyangga mata kanan Andritany itu berjalan selama tiga jam.

"Telah dilakukan operasi oleh dr. Kusmarwati, SpBP di RS MMC. Operasi mulai pukul 08.50 dan selesai pukul 12.50. Operasi berjalan lancar tanpa ada kendala," ujar Donny Kurniawan seperti dilansir situs resmi Persija.

"Andritany harus beristirahat selama beberapa hari ke depan karena masih dalam pengaruh anestesi dan sulit berbicara karena adanya pembengkakan setelah operasi," lanjutnya.

Andritany membutuhkan waktu pemulihan dengan tetap melakukan rawat inap selama kurang lebih lima hari. Setelah itu, penjaga gawang Persija Jakarta yang mengalami cedera saat membela Timnas Indonesia di PSSI Anniversary Cup 2018 itu harus menjalani rawat jalan.

Dokter Timnas Indonesia, Syarief Alwi, menyebut kiper berusia 26 tahun yang mendapatkan cedera setelah mengalami benturan dengan striker Uzbekistan itu harus beristirahat selama kurang lebih tiga bulan. Jika perkiraan itu tepat, maka Andritany diperkirakan tidak akan bisa tampil di Asian Games 2018. Namun, Syarief Alwi mengaku akan mencari cara agar Andritany bisa kembali ke lapangan hijau lebih cepat.

"Kalau untuk sembuh diperkirakan akan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Namun, kami akan berusaha untuk bisa membuat cedera itu pulih lebih cepat. Kemungkinan juga bisa menggunakan topeng khusus untuk melindungi wajahnya," ujar Syarief Alwi.

Andritany adalah penjaga gawang berusia 26 tahun yang dipersiapkan untuk menjadi satu dari tiga pemain senior yang bisa tampil di Asian Games 2018 bersama Timnas Indonesia U-23.