Pembelaan Maman Abdurrahman Berkaitan Gol Bunuh Diri dalam Duel Home United Vs Persija

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 09 Mei 2018, 07:23 WIB
Maman Abdurrahman

Bola.com, Kallang - Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, memberikan penjelasan dibalik kronologi gol bunuh diri yang dilakukannya pada leg pertama semifinal Piala AFC 2018 Zona ASEAN di Stadion Jalan Besar, Selasa (8/5/2018).

Ketika itu, Maman mencetak gol bunuh diri ke gawang Persija Jakarta pada pertandingan yang baru berusia dua menit. Eks penggawa Persib Bandung itu salah mengantisipasi umpan silang Shahril Ishak. Maman yang berusaha membuang bola justru mengubah aliran bola ke gawang Persija kawalan Rizky Darmawan.

Menurut Maman, dirinya berada dalam situasi sulit yakni membiarkan pemain lawan di belakangnya mencetak gol atau membuang bola. Namun, niat baik Maman justru menjadi bumerang buat dirinya. 

"Sepersekian detik saya harus mengambil keputusan yakni membiarkan pemain di belakang saya mencetak gol atau saya berusaha membuang bola. Kadang, niat baik tidak selalu dinilai baik," kata Maman dalam keterangan video yang diunggahnya di akun Instagram, Selasa (8/5/2018).

Setelah gol bunuh diri itu, nama stoper gaek kelahiran 12 Mei 1982 itu menjadi tenar di dunia maya. Sejumlah kalimat umpatan pun tertuju pada sang pemain. Meski demikian, hal semacam ini menurutnya adalah sebuah risiko yang harus diambil dari seorang bek. Maman pun yakin hal ini bakal membuatnya semakin tangguh lagi.

"Inilah risiko pemain belakang. Tetap semangat buat semua pemain belakang di dunia. Pemain besar adalah pemain yang bisa bangkit dari masa sulitnya," ucap pemain berusia 35 tahun itu.

Setelah gol itu, Home United berhasil menambah keunggulan melalui Song Ui-young pada menit kesembilan. Persija Jakarta sebenarnya sempat membuka asa dengan menyamakan kedudukan melalui dua gol Ramdani Lestaluhu pada menit ke-32 dan 49'.

Namun, pada menit ke-72, Home United berhasil mencetak gol ketiga melalui Hafiz Nor sekaligus menutup pertandingan dengan kemenanga 3-2 atas Persija.

Selain kontroversi gol bunuh dirinya, Maman Abdurrahman pernah mendapat sorotan saat membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Saat itu Tim Merah-Putih kalah mengejutkan 0-3 dari Malaysia.

Salah satu gol gara-gara blunder Maman terlalu mudah dilewati striker Tim Negeri Jiran, Safee Sali. Rumor kalau sang pemain terkena suap sempat mencuat ke permukaan, walau isu tersebut tidak pernah terbukti hingga saat ini.