Sukses


Persija vs Home United, Momen Tepat buat Rizky Darmawan Bangkit

Bola.com, Jakarta - Kiper muda Persija Jakarta, Rizky Darmawan, mungkin sosok yang paling sedih ketika Macan Kemayoran kalah 2-3 dari Home United di leg pertama semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5/2018). Dia dituding sebagai biang kekalahan timnya pada laga itu.

Namun, kiper berusia 24 tahun itu ditakdirkan untuk bangkit dan membuktikan kualitasnya. Dia bisa membalas kesalahannya saat Persija menjamu Home United di leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Cedera yang dialami kiper utama Persija, Andritany Ardhiyasa, memberikan kesempatan kepada Rizky untuk kembali unjuk gigi. Kemungkinan besar Rizky bakal mengawal gawang Persija lagi. 

Satu alasan yang paling kuat adalah karena Daryono ternyata mengalami cedera ketika Persija tertinggal 0-1 dari Madura United di laga yang berakhir dengan kekalahan 0-2 di SUGBK, Sabtu (12/5/2018). Daryono harus berlatih terpisah satu hari jelang laga kontra Home United.

SUGBK jelas merupakan tempat yang paling tepat untuk Rizky Darmawan bangkit dari kesedihan. Alasannya, kiper berusia 24 tahun ini jelas lebih terbiasa dengan permukaan rumput sesungguhnya ketimbang rumput sintetis yang digunakan di Stadion Jalan Besar.

Jika melihat tayangan ulang ketika gawang Rizky Darmawan kebobolan gol ketiga Home United, terlihat bagaimana kiper kelahiran Tangerang itu sudah dalam posisi menyambut bola. Namun, pantulan bola yang begitu cepat karena permukaan lapangan membuatnya tak berhasil menyongsong bola dengan timing yang tepat. Rizky pun tampak marah dan sedih dengan kegagalannya itu.

Rizky pun sempat berjanji setelah kekalahan itu. "Saya hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari salah. Komentar dan kritikan teman-teman yang bersifat positif, saya terima dengan tulus karena untuk pembelajaran lebih baik lagi kedepannya," kata Rizky Darmawan seusai pertandingan leg pertama di Singapura.

"Jangan menyerah! Sampai bertemu di SUGBK," tegas Rizky saat itu.

Harapan Rizky untuk bertemu di SUGBK pun terwujud. Ia akan kembali mengawal gawang Persija di pertandingan ini. Pelatih kiper Persija, Ahmad Fauzi, menegaskan kiper berusia 24 tahun itu sudah melupakan kegagalan di leg pertama.

“Saya kira Rizky harus melupakan laga yang kemarin. Saatnya mengembalikan kepercayaan diberikan pelatih dengan bermain maksimal dan berikan yang terbaik untuk Persija,” ujar pelatih kiper Persija itu soal Rizky Darmawan.

Video Populer

Foto Populer