Sukses


    Begini Rencana Timnas Filipina untuk Jadi Juara Piala AFF 2018

    Bola.com, Manila - Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) sudah mulai mempersiapkan Timnas Filipina menuju dua turnamen penting pada tahun ini dan awal tahun depan. Yang terdekat, Piala AFF yang mulai bergulir pada pekan pertama November 2018, dilanjutkan Piala Asia pada Januari 2019.

    Demi menggapai prestasi terbaik, khususnya di Piala AFF 2018, PFF sudah menyiapkan rencana buat Timnas Filipina. Seperti dilansir dari Inquirer, pemain langganan timnas akan dibiarkan gabung klub masing-masing dalam tiga bulan ini.

    Namun, mulai September 2018, pemain yang mendapat panggilan wajib gabung dalam pemusatan latihan, yang rencananya akan dilakukan di Bahrain.

    Dalam pemusatan latihan di negara kawasan Timur Tengah itu, The Azkals dijadwalkan menjalani uji coba melawan klub lokal pada 7 September 2018 dan empat hari kemudian, menghadapi Timnas Bahrain.

    Untuk FIFA matchday pada Oktober 2018, manajer Timnas Filipina, Dan Palami, menyebut ia bersama PFF mengusahakan adanya uji coba internasional melawan tim eks peserta Piala Dunia 2018, kemungkinan besar Australia. 

    Pemusatan latihan lanjutan akan digelar lagi pada pekan terakhir Desember 2018 atau setelah Piala AFF, sebagai persiapan menuju Piala Asia 2019. 

    Untuk keikutsertaan kali pertama di putaran final Piala Asia 2019, Timnas Filipina akan bertolak menuju Dubai untuk beruji coba melawan Korea Selatan, tepatnya pada 7 Januari 2019.

     

    2 dari 2 halaman

    Sudah Dinanti

    "Kami akan mempersiapkan diri sebaik kami bisa. Dua turnamen ini kami anggap sangat penting dan sudah kami tunggu-tunggu selama beberapa waktu," ujar Dan Palami.

    Philip dan James Younghusband seusai Timnas Filipina memastikan tiket ke Piala Asia 2019. (Bola.com/Dok. AFC)

    Dan Palami menambahkan saat ini PFF masih terus mengindentifikasi pemain yang lahir dan dibesarkan di luar negeri untuk kemungkinan dipilih jadi bagian timnas pada masa mendatang.

    Di sisi lain, posisi pelatih kepala Timnas Filipina saat ini justru sedang kosong pasca tuntasnya durasi kontrak dengan pelatih Thomas Dooley, Maret lalu.

    "Kami dalam tahap akhir evaluasi dan akan mengumumkan siapa pelatih Timnas Filipina pada 14 Juni 2018," imbuh Dan Palami.

    Di Piala AFF 2018, Timnas Filipina tergabung di Grup B bersama Indonesia, juara bertahan Thailand, Singapura, dan pemenang dari laga play-off Timor Leste vs Brunei Darussalam.

    Video Populer

    Foto Populer