3 Tim Liga 1 Ikuti Piala Soeratin U-17 Jatim

Oleh Zaidan Nazarul pada 28 Mei 2018, 21:56 WIB
Piala Soeratin U-17

Bola.com, Surabaya - Perhelatan Piala Soeratin U-17 Jawa Timur akan bergulir pada 20 Juli 2018. Sebanyak 44 tim peserta ambil bagian di ajang tersebut, di antaranya ada tiga tim dari Liga 1.

Turnamen ini dibagi menjadi 11 grup, yang masing-masing dihuni empat tim. Seluruh peserta merupakan anggota PSSI.

Tim kontestan terdiri atas klub-klub Liga 1 dan Liga 3 yang semuanya berasal dari Jawa Timur. Tidak ada klub Liga 2 yang ambil bagian pada edisi kali ini. 

"Hampir seluruh klub Liga 1 dari Jatim dan mayoritas peserta Liga 3 Jatim turun di Piala Soeratin kali ini. Untuk klub Liga 1 yang tidak ikut hanya Madura United," tutur Amir Burhanuddin, Sekretaris Umum Asprov PSSI Jatim, Senin (28/5/2018). 

Jika ditotal, dari seluruh klub anggota PSSI Jatim yang ikut di Piala Soeratin kali ini hanya sekitar 50 persen. Turnamen ini akan menggunakan format kompetisi penuh. Adapun fase 44 besar menggunakan sistem dua kali home tournament. "Volume pertandingannya sama dengan home dan away," ujar Amir.

Pada putaran pertama dan kedua, ada 11 sebelas venue yang akan digunakan untuk menggelar babak 44 besar, karena ada 11 tim yang bertindak sebagai tuan rumah.

Setelah babak 44 besar, juara dan runner akan lolos ke babak 24 besar. Di fase tersebut, format berubah menjadi setengah kompetisi, dan dibagi menjadi dalam 8 grup dengan masing-masing grup diisi tiga tim. Di babak ini, hanya dicari juara grup untuk lolos ke babak 8 besar.

Format kembali berganti di babak tersebut. Format di babak ini menggunakan sistem gugur single match. Pertandingan akan digelar di tempat netral untuk menentukan empat tim yang akan lolos ke babak semifinal.

Untuk final putaran nasional Piala Soeratin rencananya digelar setelah final Liga 3. "September nanti kompetisi di semua level sudah selesai. Untuk tahun ini Liga 3 diselesaikan dulu baru Piala Soeratin," sebut Amir.