Sukses


Alami Lidah Tertelan, Hilton Moreira Nyaris Tewas dalam Duel Persipura Vs PSM

Bola.com, Jayapura - Penyerang Persipura Jayapura, Hilton Moreira, hampir tewas setelah mengalami lidah tertelan pada pertandingan melawan PSM Makassar di Stadion Mandala, Jayapura, Senin (4/6/2018) malam WIB. Beruntung, nyawa pemain asal Brasil itu bisa terselamatkan setelah aksi heroik dari bek PSM, Abdul Rahman Sulaeman.

Kejadian bermula pada menit-menit akhir pertandingan babak pertama. Ketika itu, Hilton Moreira mengalami benturan dengan kiper PSM, Rivky Mokodompit.

Duel itu membuat Hilton tak sadarkan diri karena mengalami lidah tertelan (tongue swallowing). Melihat kejadian itu, Rivky Mokodompit langsung berteriak meminta pertolongan.

Namun, Abdul Rahman Sulaeman yang berada di dekat lokasi kejadian langsung menghampiri Hilton. Bek berusia 30 tahun itu langsung mengambil inisiatif untuk membuka mulut Hilton dan menarik lidahnya keluar.

 

🎥 Good job tim medis. Respek 👏👌 __ #JYPAvPSM #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu

A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on

Setelah itu, bomber asal Brasil itu akhirnya sadarkan diri sembari di bawa ke pinggir lapangan oleh tim medis. Nyawa Hilton berhasil diselamatkan dan sang pemain pun melanjutkan pertandingan.

Lidah tertelan merupakan suatu kondisi pergeseran lidah ke posisi belakang. Situasi ini menutup saluran pernapasan yang terletak di dalam leher.

Situasi ini tentu sangat membahayakan. Sebab, jika saluran pernapasan terhalang oleh lidah terlalu lama, maka aliran udara dari hidung dan mulut tidak akan mengalir ke dalam paru-paru yang menyebab terancamnya nyawa seseorang karena kesulitan bernapas.

Insiden tongue swallowing bukan hal yang baru dalam dunia sepak bola.

Sebelum Hilton Moreira, pesepak bola ternama dunia, Fernando Torres sampai mantan kapten Chelsea, John Terry, pernah mengalami hal yang serupa. Nyawa keduanya berhasil selamat karena sikap tanggap dari pemain lain yang membantunya.

Video Populer

Foto Populer