Cerita Awan Setho Menikmati Lebaran di Kampung Halaman Nenek

Oleh Ronald Seger Prabowo pada 15 Jun 2018, 22:15 WIB
Diperbarui 15 Jun 2018, 22:15 WIB
Awan Setho
Kiper Bhayangkara FC, Awan Setho, bersama keluarga saat Idul Fitri 2018. (Bola.com/Dok. Pri)

Bola.com, Wonogiri - Libur kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak dalam rangka Lebaran dimanfaatkan pesepak bola untuk mudik dan pulang kampung. Termasuk kiper Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo, yang mudik ke kampung halaman sang nenek di Kabupaten Wonogiri.

Ayah Awan Setho, Setiadi Widiatmoko, berasal dari Kecamatan Wonogiri Kota. Sedangkan sang ibu, Hartini, berasal dari Kecamatan Ngadirojo atau sekitar 10 kilometer dari Kota Wonogiri. Selain ketiganya, turut pula sang kakak, Seta Oktavia Sari Pratiwi.

"Mudik ke Wonogiri memang jadi agenda rutin keluarga setiap Lebaran. Biasanya berangkat minggu terakhir bulan puasa hingga setelah Lebaran. Kebetulan masih ada nenek dari ibu," ungkap Awan kepada Bola.com, Jumat (15/6/2018).

Kiper asal Semarang itu mengungkapkan, Lebaran menjadi hari yang dinanti seluruh umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh. Selain itu, lanjut dia, Lebaran juga sarana mengikat persaudaraan yang lebih dekat dan memperkaya hubungan silaturahmi.

"Apalagi seluruh keluarga dan saudara berkumpul menjadi satu di rumah nenek. Kami saling bermaaf-maafan sekaligus melepas kerinduan," ucapnya.

Bagi Awan Setho, berkumpul dengan keluarga adalah hal-hal yang paling disukai. Menurutnya, posisinya sebagai pemain profesional tak bisa lepas dari peran keluarga terutama orang tua. Meski, tak ada agenda piknik jauh-jauh, jalan-jalan dan rekreasi di Wonogiri.

''Kalau di rumah biasanya keluar buka puasa bersama dan jalan-jalan sekitar Semarang. Pokoknya menghabiskan waktu dengan keluarga, apalagi dalam momen Lebaran seperti ini,'' tutur eks kiper Bali United itu.