Sukses


    Pelatih PSM Respek dengan Timnas Islandia

    Bola.com, Makassar - Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts mengaku sangat respek dengan tim nasional Islandia yang sedang berlaga di penyisihan Grup D di Piala Dunia 2018.

    "Islandia memang tidak sekuat Brasil. Tapi, proses mereka lolos ke Rusia dan apa yang mereka perlihatkan saat melawan Argentina membuat saya menjadikan Islandia sebagai tim favorit," ujar Robert kepada awak media di Makassar, Rabu (20/6/2018).

    Menurut Robert, Islandia sudah melakukan cara yang benar untuk membangun sebuah tim nasional tangguh. "Mulai dari pembinaan usia muda yang terprogram, menyekolahkan banyak pelatih dan membangun fasilitas yang baik. Dan itu mereka lakukan sejak 15 tahun lalu," terang Robert.

    Padahal, 15 tahun lalu peringkat Islandia di rangking FIFA masih sama dengan negara-negara di Asia Tenggara. Termasuk di Indonesia.

    "Kompetisi mereka pun tidak semeriah Indonesia. Selain penduduknya hanya 300 ribu, cuaca di Islandia juga tidak mendukung. Dimana 8 dari 12 bulan, cuaca di Islandia terbilang buruk," papar Robert.

    Permainan timnas Irlandia di mata Robert memiliki karakter tersendiri. "Mereka bermain dengan filosofi mereka sendiri. Tidak meniru penampilan tim lain. Itu yang membuat saya respek dengan sepakbola Islandia," tegas Robert.

    Robert mengungkapkan kerap menjalin komunikasi dengan Heimir Hallgrimsson, pelatih timnas Irlandia. "Kami saling bertukar pikiran terkait pengembangan sepakbola," tutur Robert.

    Robert mengaku pernah ingin menerapkan sistem yang diterapkan Islandia ketika dirinya melakukan presentasi untuk menjadi pelatih timnas Malaysia lima tahun lalu. "Islandia memang berbeda dengan kontestan lainnya di Piala Dunia 2018," pungkas Robert.

    Video Populer

    Foto Populer